• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Surya

20 Camaba Bidik Misi UM Dicurigai

Selasa, 23 Juli 2013 23:03 WIB

SURYA Online, MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) menemukan kejanggalan di 200 calon mahasiswa baru (camaba) bidik misi UM, untuk tahun akademik 2013/2014.

Wakil Rektor I UM, Prof Dr Hendyat Sutopo mengatakan, UM telah menerima seluruh data camaba bidik misi dan sedang mengevaluasinya hingga pengumuman 24 Agustus mendatang. "Ada beberapa temuan terhadap 200 camaba bidik misi yang kami tengarai tidak tergolong kriteria miskin," kata Hendyat di kantornya, Selasa (23/7/2013).

Hendyat mengungkapkan, 200 camaba bidik misi ini datanya agak mencurigakan, karena penghasilan orang tua mereka di atas Rp 2 juta. "Syarat untuk mendapatkan beasiswa bidik misi ini penghasilan orang tua di bawah Rp 600 ribu,” sambungnya.

Hendyat kembali mencontohkan, ketikat diminta memfoto tempat tinggalnya, rumah camaba yang bersangkutan berada di perumahan dengan tipe cukup besar. Hal ini tentu saja tidak termasuk kriteria penerima beasiswa bidik misi, yang menjadi kesempatan camaba dari golongan ekonomi lemah.

"Kalau tahun lalu, kami menemukan 12 orang yang mengaku miskin untuk program bidik misi ini, tapi sekarang kemungkinan besar meningkat," ungkap Hendyat yang mengatakan jatah kuota bidik misi UM berjumlah 1.003 kursi ini.

Namun demikian, Hendyat menuturkan akan menerjunkan tim visitasi UM mulai Rabu (24/7/2013) selama tiga minggu untuk melihat langsung kondisi real para camaba ini.

Meski begitu, UM masih memberikan kesempatan camaba ini bisa terdaftar sebagai mahasiswa UM, jika bersedia membayar biaya kuliah seperti camaba reguler. "Memang kesepakatan Forum Rektor Jatim, kami bisa langsung mencoret mereka. Tapi masih kami beri kesempatan, kami tawarkan mereka membayar reguler. Kalau tidak mau baru kami coret,” bebernya.

Sementara itu, Pembantu Rektor I UB, Prof Dr ir Bambang Suharto, menambahkan tim visitasi UB telah terjun ke lapangan untuk melakukan verifikasi langsung di lapangan mengenai kondisi ekonomi para camaba UB yang tahun ini kuotanya sebanyak 1.500 kursi.

Untuk pengumumannya, Bambang menyatakan akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri. “Tanggal pastinya menyusul, yang jelas, setelah Lebaran,” imbuh Bambang.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Adi Agus Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
674272 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas