Pilgub Jatim

MCW Akan Bentuk 57 Forum Warga

“Mesin politik semakin berjalan efektif setelah penetapan.

MCW Akan Bentuk 57 Forum Warga
PELAPORAN - Ketua KPU Kota Malang, Hendry ST (paling kanan) saat diskusi pembentukan forum warga di kantor MCW Kota Malang, Rabu (17/7/2013).

SURYA Online, MALANG - Koordinator Pendidikan Pemilih dan Pemantau Pemilu, Malang Coruption Watch (MCW), Hayyik Ali Munhara Mansur memastikan beragam pelanggaran akan terjadi dalam Pilgub Jatim yang digelar Kamis (29/8/2013). Pelanggaran itu, diantaranya money politic dan penyalahgunaan kekuasaan.

Untuk mendorong kesadaran masyarakat adanya pelanggaran selama pilgub, MCW akan membentuk forum warga di 57 kelurahan di Kota Malang yang akan dideklarasikan 21 Juli 2013. "57 orang dari 57 kelurahan sudah kami training di Kota Batu sekitar tiga pekan,” kata Hayyik kepada Surya Online, Rabu (17/7/2013).

Menurutnya, peluang terjadinya pelanggaran bisa terjadi kapan saja. Sampai sekarang MCW belum menerima laporan dari warga soal pelanggaran Pilgub. “Mesin politik semakin berjalan efektif setelah penetapan. Tapi sebelum penetapan, kami sudah memprediksinya,” tambahnya.

Pembentukan forum warga ini, ujar Hayyik, juga menggandeng Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) NU, Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah serta akademisi. Digandenganya LBH, untuk mengantisipasi kemungkinan bila warga butuh pendampingan hukum. "Warga masih takut mengungkapkan pelanggaran yang diketahuinya. Melalui forum ini, diharapkan warga tidak khawatir lagi," terang Hayyik.

Penulis: David Yohanes
Editor: Adi Agus Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help