• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Surya

Pemprov Jatim Siapkan Mudik Gratis via KA dan Kapal Laut

Minggu, 14 Juli 2013 18:51 WIB

SURYA Online, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jatim melalui Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ), tidak hanya akan memberikan pelayanan mudik gratis melalui angkutan bus. Tapi juga akan memberikan pelayanan mudik gratis menggunakan kereta api dan kapal laut.

Hal ini diungkapkan Isa Anshori, Kepala Bidang Perkeretaapian dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Dishub dan LLAJ Jatim usai bertemu dengan perwakilan PT KAI Daops 8 Surabaya, Minggu (14/7/2013).

“Mudik gatis dengan kereta api ini untuk jurusan lokal Jatim. Merupakan kebijakan Pemprov atas kompensasi kenaikan harga BBM. Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan dan merasakan keringan atas fasilitas program ini,” jelas Isa.

Hasil pembicaraan dengan pihak PT KAI Daops 8, Isa menyebutkan ada enam nama KA yang akan digunakan untuk mudik gratis. Yaitu KA Penataran, KA Doho, KA Arjuno, KA KRD Kertosono, KA KRD Bojonegoro, dan KA KRDI Cepu Expres.

Mudik gratis dengan KA ini akan dimulai tanggal 2 hingga 9 Agustus khusus untuk keberangkatan dari Surabaya menuju ke tujuan. KA Penataran untuk rute Surabaya ke Malang dan Blitar, KA Doho dari Surabaya untuk ke Kediri, dan KA KRD Bojonegoro dan KA KRD Cepu untuk dari Surabaya menuju Babat, Bojonegoro, dan Cepu. Juga KA Arjuno untuk Surabaya ke Madiun, KA KRD Kertosono untuk Surabaya ke Kertosono.

Kemudian untuk arus baliknya juga digratiskan untuk keberangkatan mulai tanggal 10 hingga 13 Agustus. Untuk mekanismenya, Isa mengaku masih melakukan koordinasi dengan PT KAI Daops 8, agar tujuan dari mudik gratis itu tepat sasaran.

“Masih kami bahas, nanti akan kami sampaikan bila sudah jelas. Namun yang pasti, sesuai KTP dan KK bagi anak-anak yang belum berKTP,” lanjut Isa.

Untuk mudik dengan kapal laut, pihaknya juga akan melakukan pembicaraan dengan operator kapal. Mudik gratis dengan kapal ini telah dilakukan Pemprov Jatim sejak tahun 2012 lalu dengan menggunakan kapal feri tujuan Kalimantan dan Sulawesi.

Dishub dan LLAJ Jatim menyiapkan anggaran pembelian kereta sekitar 98.000 tiket. Nilai pastinya, Isa menolak untuk mengungkapkan, karena masing-masing rute memiliki tarif yang berbeda-beda.    

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas