Berita Tulungagung

Ribuan KPS Mulai Didistribusikan ke Tulungagung dan Trenggalek

KPS itu selanjutnya dapat digunakan warga miskin untuk mengambil dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (

Ribuan KPS Mulai Didistribusikan ke Tulungagung dan Trenggalek
surya/yul
Pegawai Kantor Pos Tulungagung menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) untuk mengambil dana BLSM.

SURYA Online, TULUNGAGUNG - Kantor Pos Tulungagung mendistribusikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) ke puluhan kecamatan di Tulungagung dan Trenggalek mulai Jumat (28/6/2013), setelah menerimanya sejak Selasa (25/6/2013).

KPS itu selanjutnya dapat digunakan warga miskin untuk mengambil dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai konsekuensi dari pencabutan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menurut Agus Pamuji, Manajer Pemasaran Kantor Pos Tulungagung, pihaknya menerima KPS sebanyak 57.215 lembar untuk Tulungagung dan 55.527 lembar untuk
Trenggalek.

"Semua sudah mulai kami distribusikan melalui kantor pos kecamatan, setelah itu berkoordinasi lagi dengan perangkat desa untuk membagikan kepada seluruh penerima KPS," kata Agus Pamuji.

Ia menyebutkan, pemegang KPS akan menerima dana BLSM sebesar Rp 150.000/bulan yang akan diberikan setiap 2 bulan sekali.

Meski sudah mendistribusikan KPS, pihak kantor pos belum memastikan jadwal pencairan KPS. Namun, jika merujuk jadwal dari pemerintah pusat, setidaknya mulai 1 Juli harus sudah dimulai pencairannya.

"Kalau nanti mekanismenya berubah, pencairannya bisa di lokasi mana yang sudah siap," katanya.

Bagaimana jika ada yang komplain karena merasa berhak menerima BLSM tetapi tidak masuk data?

Agus Pamuji menyatakan, penentuan penerima BLSM bukan oleh pihak kantor pos, bukan pula oleh Dinas Sosial maupun Badan Statistik.

Setahu Agus Pamuji, penentunya adalah TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan).

"Jadi, kalau nanti ada yang komplain terkait penerima BLSM, kami sama sekali tidak mengetahui sumber pendataannya," katanya.

Penulis: Yuli
Editor: Satwika Rumeksa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help