• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Surya

Tiga PTN di Malang Sudah Buka Jalur Mandiri

Senin, 24 Juni 2013 17:29 WIB
SURYA Online, MALANG – Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang sudah mulai membuka pendaftaran masuk PTN melalui jalur mandiri.

Baik Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, sudah membuka jalur mandiri pascaregistrasi SNMPTN dan seleksi SBMPTN dilakukan.

Kepala Humas UB, Dra Susantinah Rahayu, mengatakan UB telah membuka pendaftaran jalur mandiri 17 Juni-15 Juli mendatang.

Namun, pada pelaksanaan jalur mandiri ini ada sistem yang berubah. Perempuan yang biasa disapa Santi ini menuturkan sistem pilihan program studi (prodi) jalur mandiri UB didesain mirip seperti seleksi pada jalur SNMPTN dan SBMPTN.

“Yang membedakan untuk jalur mandiri peserta bisa memilih empat prodi sebagai pilihannya. Urutan prodi yang dipilih menentukan prioritas,” kata Santi, Senin (24/6/2013).

Santi menjelaskan peserta bisa memilih dua prodi S1 di Kampus Veteran, satu prodi di UB Kediri, dan satu prodi keahlian pada program vokasi.

“Ujian akan dilakukan 18 Juli, dan pengmuman 23 Juli. Ada sekitar 2.800 kuota untuk jalur mandiri ini,” sambungnya.

Saat ditanya sudah berapa orang mendaftar, Santi menjawab baru sekitar 60 orang. Namun jumlah itu akan meningkat setelah pengumuman SBMPTN 12 Juli mendatang.

“Yang mendaftar kebanyakan angkatan tahun lalu. Nanti akan ramai setelah SBMPTN,” ujar Santi.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasisswaan PErencanaan dan Sistem Informasi UM, Drs Amin Sidiq, menambahkan jalur mandiri UM juga sudah mulai dibuka 17 Juni lalu sampai 13 Juli mendatang.

“Untuk pilihan prodi, jalur mandiri UM hanya membolehkan dua prodi saja,” imbuh Amin.

Namun yang membedakan, jelas amin, bagi calon peserta bidik misi yang tidak lolos SNMPTN ataupun SBMPTN bisa mendaftar jalur mandiri UM tanpa harus membayar biaya ujian Rp 300.000.

“Apload kartu peserta SNMPTN dan SBMPTN saat mendaftar,” ucap Amin yang mengatakan kuota untuk jalur mandiri UM ini sekitar 1.600 kursi.

Sementara itu, PanitiaPEnerimaan MAhasiswa BAru UIN MAliki, Dr Helmi Saifuddin, pendaftaran jalur mandiri di kampus Ulul Albab ini akan ditutup pada 29 Juni mendatang.

Helmi melanjutkan ada sekitar 600 kursi untuk jalur mandiri ini. Helmi menjelaskan semua lulusan satuan pendidikan bisa mendaftar jalur mandiri UIN.

“Dari lembaga pendidikan formal, sampai lulusan pesantren bisa mendaftar,” tandas Helmi.

Selain UIN MAliki, UB dan UM juga akan memberlakukan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur mandiri ini.

Namun penentuan UKT yang akan diberlakukan ke calon mahasiswa ini akan ditetapkan setelah mereka melakukan registrai di kampus masing-masing.

“Untuk UIN sendiri masih belum memberlakukan UKT karena perbedaan institusi yang menaungi. Tapi untuk tahun akademik mendatang, kami akan ikut berlakukan UKT,” pungkas Helmi.
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
634122 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas