Minggu, 23 November 2014
Surya

PPDB Mitra Warga, Jalur Pendaftaran untuk Siswa Miskin

Kamis, 6 Juni 2013 19:01 WIB

SURYA Online, SURABAYA - Siswa tidak mampu (miskin) memiliki jalur khusus untuk bisa masuk sekolah negeri. Namanya mitra warga.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan menjelaskan untuk mendaftar jalur mitra warga ini cukup melampirkan fotokopi surat keterangan miskin (SKM) dengan menunjukkan aslinya. Serta melampirkan fotokopi kartu keluarga Kota Surabaya dengan menunjukkan aslinya.

"Masing-masing pendaftar hanya boleh memilih satu sekolah SMPN atau SMAN. Sedangkan untuk SMKN hanya bisa memilih satu program keahlian dalam satu sekolah," terang Ikhsan.

Sekolah yang dipilih bebas kecuali sekolah kawasan karena ada seleksi tersendiri di sekolah unggulan tersebut.

Sementara verifikasi data akan dilakukan tim khusus dari dinas pendidikan dan pihak sekolah. Menurut Ikhsan, verifikasi ini tidak akan sulit karena sudah ada database SKTM yang ada di pemkot Surabaya.

"Untuk memastikan data yang ada, tim PPDB juga akan melakukan survei ke rumah siswa pendaftar," katanya.

Sesuai dengan ketentuan, masing-masing sekolah harus menyediakan kuota minimal 5 persen untuk siswa miskin. Ketentuan kuota 5 persen untuk siswa miskin ini wajib dilaksanakan oleh seluruh sekolah swasta di Surabaya mulai tingkat SD hingga SMA.

Hal ini didasarkan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 16 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Siswa miskin ini akan dibebaskan seluruh biaya sekolah serta mendapatkan bantuan seperti seragam sekolah.

Pendaftaran PPDB jalur khusus mitra warga dibuka tanggal 18 Juni hingga 21 Juni 2013 di sekolah yang dituju. Kemudian pada tanggal 24 Juni 2013 dilakukan evaluasi dan 27 Juni 2013 diumumkan.

"Penilaian jalur ini berdasarkan peringkat nilai ujian nasional yang tertera dalam SKHUN (surat keterangan hasil ujian nasional).
Penulis: Musahadah
Editor: Parmin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas