• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Surya

Siswa Pinggiran Sulit Masuk Sekolah Kawasan

Selasa, 4 Juni 2013 15:54 WIB
Siswa Pinggiran Sulit Masuk Sekolah Kawasan
foto:ist
ilustrasi
SURYA Online, SURABAYA - Pembatasan nilai rata rata ujian nasional (unas) minimal 8,5 bagi pendaftar sekolah kawasan diperkirakan akan menimbulkan diskriminasi siswa sekolah pinggiran.

Hal ini dimungkinkan karena nilai rata-rata 8,5 atau nilai total 34,00 itu hanya menyebar di sekolah-sekolah pusat kota. Sementara sekolah pinggiran jarang ditemukan.

Ketua Dewan Pendidikan Surabaya Isa Anshori meminta Dinas Pendidikan meninjau ulang standar nilai tersebut. "Fakta yang saya temukan, di sekolah pinggiran tidak banyak dan bahkan hampir tidak ada siswa yang mencapai nilai tersebut, "kata Isa kepada Surya.Online Selasa (4/6/2013).

Isa khawatir jika aturan ini terus berlakukan, sekolah kawasan nanti akan menjadi sekolah elit yang hanya bisa dirasakan oleh siswa-siswa tengah kota. Sementara siswa pinggiran yang memiliki potensi bagus tapi nilai unasnya tidak terlalu bagus karena sebab tertentu tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan yang lebih bermutu di sekolah kawasan.

"Ada baiknya diknas meninjau ulang ketentuan nilai tersebut, apalagi anak anak dari daerah pinggiran kebanyakan berasal dari keluarga menengah ke bawah. Ini agar akses pendidikan berkualitas bisa dimiliki semua,"katanya.

Diberitakan sebelumnya, dindik memberi aturan tegas bagi pendaftar sekolah kawasan. Untuk pendaftar SMA harus memenuhi standar nilai total unas minimal 34,00 atau rata-rata 8,5 dan tidak boleh ada nilai di bawah 7,50.

Sedangkan untuk SMP, standar nilai total unas 25,50 atau rata-rata 8,50 dan tidak boleh ada nilai di bawah 7,50.

Pendaftar hanya diperbolehkan memilih satu sekolah sesuai wilayah sekolah asal dan satu sekolah di dalam atau di luar wilayah sekolah asal. Serta mengikuti tes potensi akademik.

Sekolah kawasan adalah sekolah eks RSBI atau sekolah yang bermutu di dalam kawasan tersebut.

Untuk SMA, ada  12 sekolah kawasan yang ditunjuk yakni  SMAN 3 dan 19 di Surabaya Utara. SMAN 16 dan 20 di Surabaya Timur. SMAN 11 dan 13 di Surabaya Barat. SMAN 1,2,5 dan 6 di Surabaya Pusat dan SMAN 15 dan 21 di Surabaya Selatan.

Sementara SMP ada 11 yakni SMPN 2, 15 (surabaya utara). SMPN 19 dan  35 di Surabaya Timur. SMPN 25 dan 26 di Surabaya Barat. SMPN 1,3,6 di Surabaya pusat dan SMPN 12 dan 22 di Surabaya Selatan.
Penulis: Musahadah
Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
606032 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas