• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Surya

Pendaftar D4 ITS Masih Sedikit

Selasa, 4 Juni 2013 19:37 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Program D4 Teknik Sipil ITS yang baru dibuka tahun ini, masih sepi peminat. Terbukti hingga Selasa (4/6/2013) siang, jumlah pendaftar yang masuk hanya 75 orang padahal pagunya 90 kursi.

Ketua Program D4 Teknik Sipil M Sigit Darmawan mengatakan, jumlah pendaftar ini masih jauh dari target pendaftar yang ditentukan 300 pendaftar. "Pendaftar yang baru masuk sekarang baru 25 persen," katanya saat dihubungi Surya Online, Selasa (4/6/2013).

Sigit memperkirakan sepinya pendaftar ini karena masih konsentrasi SBMPTN. "Kemungkinan setelah ujian SBMPTN baru ramai, karena peserta pasti akan mencari alternatif lain untuk kuliah. Salah satunya dengan mendaftar D4 Teknik Sipil," katanya.

Bagi pendaftar yang berminat, masih memiliki kesempatan hingga tanggal 21 Juni 2013 mendatang. Proses pendaftarannya online melalui website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.I'd dengan lebih dulu membayar biaya ujian Rp 500 ribu ke Bank BNI dan BRI.

Setelah membayar, calon peserta menerima kode akses pendaftaran (KAP) dan pin. "KAP dan pin inilah, yang dipakai untuk melakukan login pendaftaran," katanya.

Setelah itu, calon peserta bisa langsung mengisi formulir pendaftaran online serta mengunggah pasfoto berwarna 4 x 6 cm (terbaru) berformat JPG atau PNG ukuran maksimum 100 KB. Selanjutnya file kartu bukti pendaftaran ini dicetak dan dibawa saat ujian tulis 27 Juni 2013.

Ada tiga mata pelajaran yang akan diujikan yakni matematika, Bahasa Inggris dan fisika. "Karena ini D4, jadi materi ujiannya juga lebih ke terapannya," katanya.

Pendaftar D4 Teknik Sipil ini, bisa memungkinkan dobel dengan SBMPTN karena ujiannya digelar di hari berbeda. Meski demikian, untuk pengumumannya akan disamakan dengan SBMPTN. Karena itu pendaftar SBMPTN tidak harus menunggu pengumuman untuk mendaftar D4 Teknik Sipil.

Koordinator Humas Panitia Lokal SBMPTN Surabaya yang juga Kepala Bidang Akademik ITS Ismaini Zain memastikan jika ada pendaftar SBMPTN dan D4 Teknik Sipil yang sama-sama diterima, maka pihaknya secara otomatis akan memprioritaskan pilihan jurusan di SBMPTN.

Dengan begitu, kuota D4 Teknik Sipil akan diisi peserta lain. Sementara itu untuk SBMPTN lonjakan pendaftar sudah mulai terlihat. Hingga Selasa pukul 14.43 WIB, jumlah pendaftar yang masuk 26.599 orang. Terdiri program sains dan teknologi (saintek) 11.656 orang, sosial humaniora (soshum) 9.926 orang dan program campuran 5.014 orang. Pendaftaran SBMPTN akan ditutup Jumat (7/6/2013).
Penulis: Musahadah
Editor: Adi Agus Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
606362 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas