A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Sebelum Daftar, Siswa Diminta Berhitung Hasil Unas - Surya
Jumat, 28 November 2014
Surya

Sebelum Daftar, Siswa Diminta Berhitung Hasil Unas

Senin, 3 Juni 2013 19:26 WIB

SURYA Online, MALANG – Meski pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Malang baru digelar 1-4 Juli 2013, namun penilaian PPDB ini menggunakan sistem 30 persen rapor sekolah dan 70 persen nilai Unas.

Untuk itu, siswa sudah bisa menakar sebaran nilai rata-rata PPDB dengan mencoba rumus 70 persen nilai Unas ditambah 30 persen nilai rapor mata pelajaran (mapel) yang di-unas-kan.

Kasi Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, Budiono, mengatakan setelah diumumkannya hasil unas SMP, para siswa mulai bisa memperkirakan nilai rata-rata mereka sebagai pertimbangan untuk memilih rayon yang diinginkan.

Budiono menjelaskan, siswa bisa mulai menghitung rata-rata nilai rapor mapel yang di-unas-kan (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika dan IPA) dengan cara menjumlah masing-masing mapel mulai semester satu SMP.

Budiono mencontohkan, nilai rapor IPA, dijumlahkan dari semester satu lalu dibagi enam. Mapel yang lainnya juga sama. Hasil empat mapel itu ditambahkan lalu dikalikan 30 persen.
"Nanti ketemu hasil 30 persen nilai rata-rata rapor," kata Budiono kepada Surya Online, Senin (3/6/2013).

Untuk nilai 70 persen unas, lanjut Budiono, hasil jumlah rata-rata unas siswa tinggal dikalikan 70 persen. Kedua hasil itu lalu ditambahkan. "Dan hasil akhirnya, merupakan nilai rata-rata yang nanti dipakai untuk PPDB online," sambungnya.

Budiono menuturkan saat memilih rayon nanti, diharapkan siswa mempertimbangkan baik-baik agar tidak tersingkir dan terpaksa harus memilih swasta. "Yang jadi pertimbangan juga, siswa harus perhatikan jumlah pagu tiap sekolah di masing-masing rayon," ujar Budiono.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dindik Kota Malang, Suwarjana menambahkan hasil unas SMP yang pada 1 Juni lalu diumumkan, membeberkan fakta nilai rata-rata unas tahun ini mengalami penurunan nilai secara nasional.

"Seluruh kota di Indonesia mengalami penurunan nilai. Tapi Insyaallah, untuk peringkat kota ada kenaikan. Tapi posisi pastinya saya masih belum kroscek data-data dengan kota-kota lain," imbuhnya.
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Adi Agus Santoso

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas