A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

3 Jurusan Paling Diminati; T I ITS, Kedokteran Unair, dan PGSD Unesa - Surya
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 29 Agustus 2014
Surya

3 Jurusan Paling Diminati; T I ITS, Kedokteran Unair, dan PGSD Unesa

Kamis, 16 Mei 2013 21:01 WIB
SURYA Online, SURABAYA  - Teknik Informatika (TI) ITS masih menjadi favorit calon mahasiswa baru. Hingga hari kedua pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Kamis (16/5/2013), jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Informasi ini masih memimpin perolehan pendaftar. Disusul Jurusan Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Industri.

Koordinator Humas SBMPTN Panlok Surabaya Ismaini Zain mengimbau para pendaftar untuk melihat kemampuannya sebelum menjatuhkan pilihan. Bisa jadi jurusan pilihannya itu peminatnya sangat membeludak sehingga persaingan sengit dan pada akhirnya peserta yang hanya ikut-ikutan terpental.

“Memang kebanyakan yang memilih Teknik Informatika membayangkan masa depannya cerah. Tapi mereka tidak melihat kemampuannya, sehingga sia-sia saja,”kata Ismaini yang juga Ketua Bidang Akademik ITS saat ditemui di kampusnya, Kamis (16/5/2013).

Di SBMPTN kali ini Teknik Informatika menyediakan 60 kursi. Begitu juga dengan Sistem Informatika dan Teknik Elektro. Sementara Teknik mesin dan teknik industri ada 50 kursi.

Berkaca pada seleksi tulis tahun 2012 lalu persaingan di tiga jurusan ini cukup sengit. Rata-rata perbandingannya untuk bisa lolos satu peserta harus mampu mengalahkan 39 peserta lainnya.

Ismaini memperkirakan kali ini persaingannya semakin ketat karena kuota di SBMPTN menyusut dibandingkan tahun lalu. Tes tulis tahun lalu yang namanya masih SNMPTN kuotanya  ada 100 kursi.

“Apalagi kuota yang hanya 60 kursi itu juga akan diperebutkan dengan lulusan tahun 2011 dan 2012. Jadi dipastikan akan ketat, karena itu pendaftar harus pintar-pintar memilih jurusan kalau mau lulus,”sarannya.

Kondisi serupa terjadi di Unair. Jurusan yang menjadi favorit calon pendaftar di kampus putih ini tetap pendidikan dokter. Hingga Kamis siang, pendaftar yang memilih jurusan ini 102 orang, terdiri dari 61 pilihan pertama, 31 pilihan kedua, dan 10 di pilihan ketiga.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair Bagus Ani Putra mengatakan peminat terbanyak selanjutnya adalah Manajemen dan Akuntansi, masing-masing 55 pendaftar dan 54 pendaftar.

Jurusan manajemen paling banyak menjadi pilihan pertama yakni 24 pendaftar. Kemudian pilihan kedua 17 pendaftar dan pilihan ketiga 14 pendaftar.

Sementara Akuntansi pilihan pertama ada 30 pendaftar, pilihan kedua 13 pendaftar dan pilihan ketiga 11 pendaftar. “Jumlah ini masih naik turun karena pendaftaran masih panjang hingga 7 Juni 2013 mendatang,”kata Bagus.

Di Universitas Negeri Surabaya diperkirakan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) akan menjadi jurusan favorit.

Ini mengacu pada hasil Seleksi Nasional Masuk PTN beberapa waktu lalu di mana ada 1.706 pendaftar yang memilih PGSD. Padahal saat itu hanya dibutuhkan 110 peserta yang lolos.

Pada SBMPTN kali ini, PGSD hanya menyediakan kuota 66 kursi atau 30 persen dari kuota seluruhnya. “Memang PGSD ini dinilai menjanjikan karena saat ini kekurangan guru SD,” kata Kepala Humas Unesa Suyatno.

Hingga Kamis pukul 13.00 WIB sudah ada 779 pendaftar yang masuk. Terdiri bidang Saintek 335 pendaftar, Soshum 354 dan Campuran 90 peserta. Masing-masing pendaftar bisa memilih tiga jurusan atau program studi.
Penulis: Musahadah
Editor: Parmin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
582972 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas