Selasa, 27 Januari 2015

3 Jurusan Paling Diminati; T I ITS, Kedokteran Unair, dan PGSD Unesa

Kamis, 16 Mei 2013 21:01 WIB

Koordinator Humas SBMPTN Panlok Surabaya Ismaini Zain mengimbau para pendaftar untuk melihat kemampuannya sebelum menjatuhkan pilihan. Bisa jadi jurusan pilihannya itu peminatnya sangat membeludak sehingga persaingan sengit dan pada akhirnya peserta yang hanya ikut-ikutan terpental.

“Memang kebanyakan yang memilih Teknik Informatika membayangkan masa depannya cerah. Tapi mereka tidak melihat kemampuannya, sehingga sia-sia saja,”kata Ismaini yang juga Ketua Bidang Akademik ITS saat ditemui di kampusnya, Kamis (16/5/2013).

Di SBMPTN kali ini Teknik Informatika menyediakan 60 kursi. Begitu juga dengan Sistem Informatika dan Teknik Elektro. Sementara Teknik mesin dan teknik industri ada 50 kursi.

Berkaca pada seleksi tulis tahun 2012 lalu persaingan di tiga jurusan ini cukup sengit. Rata-rata perbandingannya untuk bisa lolos satu peserta harus mampu mengalahkan 39 peserta lainnya.

Ismaini memperkirakan kali ini persaingannya semakin ketat karena kuota di SBMPTN menyusut dibandingkan tahun lalu. Tes tulis tahun lalu yang namanya masih SNMPTN kuotanya  ada 100 kursi.

“Apalagi kuota yang hanya 60 kursi itu juga akan diperebutkan dengan lulusan tahun 2011 dan 2012. Jadi dipastikan akan ketat, karena itu pendaftar harus pintar-pintar memilih jurusan kalau mau lulus,”sarannya.

Kondisi serupa terjadi di Unair. Jurusan yang menjadi favorit calon pendaftar di kampus putih ini tetap pendidikan dokter. Hingga Kamis siang, pendaftar yang memilih jurusan ini 102 orang, terdiri dari 61 pilihan pertama, 31 pilihan kedua, dan 10 di pilihan ketiga.

Halaman12
Penulis: Musahadah
Editor: Parmin
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas