Minggu, 23 November 2014
Surya

Nyono Unggul di Mahasiswa, Widjono Menang di PKL

Rabu, 15 Mei 2013 20:15 WIB

SURYA Online, JOMBANG – Kalau saja Pilbup Jombang digelar hari ini, pasangan cabup-cawabup Nyono-Mundjidah (Noah) dan Widjono-Sumrambah (Wira) diprediksi bakal bersaing dengan selisih kemenangan sangat tipis.

Ini mengacu survei terakhir Lembaga Riset dan Pengembangan Masyarakat (Lerpam) yang menemukan peta dukungan keduanya sama-sama kuat. “Nyono-Mundjidah unggul di kalangan mahasiswa sedangkan Wira menang di kalangan PKL dan tukang becak,” kata Direktur Lerpam Firmansyah, Rabu (15/5/2013).

Survei yang dilakukan mulai April hingga Mei itu memang sengaja menyasar segmen tertentu. Ini guna mengukur tren atau kecenderungan pemilih dari tiap segmen tersebut.

“Tujuan survei ini murni untuk akademis. Jadi kami tegaskan tidak ada tendensi politik disini. Ini murni kerja intelektual untuk kepentingan ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Berbeda dengan survey sebelumnya, pada survey kali ini pihaknya tidak menggunakan multi stage random sampling melainkan random sampling. Margin error surveinya sendiri lima persen.

“Pada dua segmen yang kami teliti, selisih kedua pasangan itu tak sampai lima persen yang berarti dibawah margin error. Itu berarti posisi keduanya sekarang ini sama kuat dan peluang menang bagi keduanya juga sama,” tegasnya.

Pada segmen mahasiswa, ada 202 sampel yang diambil. Hasilnya, Noah memimpin dengan raihan 87 suara atau 43,6 persen. Lalu Wira 84 suara atau 41,58 persen.

Sedangkan pasangan Munir-Wiwik (Mukti) meraih tujuh suara atau 3,46 persen. Sisanya sebanyak 24 suara atau 11,88 persen tidak menjatuhkan pilihan.

Pada segmen PKL dan tukang becak, ada 76 orang yang diambil sebagai sampel. Hasilnya, Wira memimpin dengan 31 suara atau 40,76 persen. Kemudian Noah 30 suara atau 39,47 persen.

Di urutan buncit Mukti meraih sebanyak dua suara atau 2,63 persen. “Sisanya sebanyak 13 orang atau 17,10 persen memilih netral,” pungkas Firmansyah.
Penulis: Sutono
Editor: Parmin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas