Jurusan Bahasa Prancis Unesa Minim Peminat

Persaingan itu bisa diketahui dari data pendaftar tahun 2012 lalu atau hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini.

SURYA Online, SURABAYA - Calon pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diharapkan mengetahui persaingan jurusan atau program studi pilihannya sebelum mendaftar.

Persaingan itu bisa diketahui dari data pendaftar  tahun 2012 lalu atau hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini.

Di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ada tiga jurusan yang minim peminat pada SNMPTN beberapa waktu lalu. Yakni Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Tata Niaga serta Sastra Jerman.

Dari Kuota 15 di jurusan Sastra Jerman hanya ada 12 pendaftar. Sementara Pendidikan Tata Niaga ada 16 pendaftar dari 43 kursi yang disediakan. Dan Pendidikan Bahasa Jerman ada 21 pendaftar dari 25 kursi.

Kepala Humas Unesa Suyatno mengakui data tersebut.

"Intinya kami bisa melampaui karena dari kuota SNMPTN 2.410 jumlah pendaftarnya mencapai 41.072. Hanya ada tiga jurusan itu yang tidak memenuhi kuota,"terangnya saat ditemui SURYA Online, Rabu (15/5/2013).

Di SBMPTN, ketiga jurusan ini tetap mematok kuota 30 persen dari total kuotanya. Pendidikan Bahasa Jerman 15 kursi, pendidikan tata niaga 26 dan Sastra Jerman 9 kursi.

Kuota paling besar tetap pada S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yakni 66 kursi dari total 220 kursi yang diterima tahun ini.

Penulis: Musahadah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved