Sabtu, 20 Desember 2014
Surya

Pilwali Mojokerto: Hasil Survei Belum Maksimal, Rekom Ayub Belum Turun

Selasa, 7 Mei 2013 12:58 WIB

SURYA Online, MOJOKERTO - Diduga hasil survei internal belum maksimal, sampai saat ini rekom Partai Demokrat untuk Ayub Busono sebagai calon wali kota Mojokerto belum diberikan. Ketua DPD Partai Demokrat Soekarwo saat berkunjung ke PG Gempol Kerep, Kabupaten Mojokerto, menegaskan bahwa rekom belum diberikan. Sebab, partainya saat ini masih menunggu hasil survei Ayub.

Pakde Karwo menyatakan bahwa pihaknya masih melakukan survei untuk calonnya tersebut. "Rekom akan kita berikan setelah hasil diperoleh. Sekarang kami masih menyurvei (Ayub)," kata Pakde Karwo, Selasa (7/5/2013).

Ayub Busono (Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto) adalah calon terkuat di internal Demokrat sebagai calon wali kota. Selain Ayub, ada Firtian Judiswandarta (PNS di Pemprov Jatim) yang juga mendaftar sebagai calon wali kota. Sementara mantan Ketua KPUD Kota Mojokerto Chusnun Amin mendaftar sebagai calon wakil wali kota.

Namun belakangan ini, Ayub lebih memilih Ketua DPRD Kota Mojokerto Mulyadi sebagai calon wakil wali kota mendampinginya. Bukan Chusnun. Bahkan keduanya sudah tertulis dalam spanduk, stiker, dan kaus bertulis ABDI (Ayub Busono-Mulyadi). Mulyadi sendiri jagonya PAN. Meski demikian, rekom sampai saat ini belum dikantongi.

Pakde Karwo menegaskan bahwa rekom diturunkan berdasarkan hasil survei. Dikatakan Pakde Karwo yang juga pengurus pusat Demokrat, sementara ini hasil survei belum disampaikan. "Kalau hasilnya bagus ya kita rekom. Rekom akan kita berikan
Kalau survai sudah bagus," tandas Pakde Karwo.

Secara tidak langsung, pernyataan Pakde Karwo itu mengindikasikan bahwa survei internal partainya kepada calon Ayub belum bagus. Namun cepat-cepat Pakde Karwo menolak pernyataan ini. "Hasilnya belum disampaikan," kilahnya.

Idealnya, survei seharusnya sudah berakhir. Mengingat pencalonan calon wali kota di Demokrat sudah berlangsung sebulan lalu. Apalagi saat ini sudah mendekati pendaftaran calon wali kota. Pada 13 - 19 Mei adalah pendaftaran calon wali kota ke KPUD. Sementara partai lain sudah memberikan rekom kepada calonnya dan sudah memanasi mesin politiknya.

"Pasti, sebelum tanggal itu rekom sudah sampai. Tunggu saja lah," kata Pakde Karwo.

Saat disinggung soal bentuk dukungan Pakde Karwo atas pencalonan Ayub, Pakde Karwo memastikan akan mendukung penuh. Tapi orang nomor satu di Demokrat Jatim ini enggan menguraikan dukungannya. Alasannya rahasia peruhasaan.

"Tapi kami yakin, meski yang akan kita hadapai di Pilwali Mojokerto adalah incumbent. Inilah kompetisi politik. Kalau tak ada kompetisi tidak sehat demokrasi ini," kata gubernur Jatim ini.
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Satwika Rumeksa

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas