Selasa, 23 Desember 2014
Surya

Jatim Raih Double Winner WTN Wiratama

Senin, 6 Mei 2013 22:53 WIB

SURYA Online, JAKARTA – Provinsi Jatim kembali menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat di bidang transportasi. Ini dibuktikan dengan kembali diraihnya penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama 2012.

Penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini diberikan bagi Pemprov atau Pemkot/Pemkab atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan, dan menjamin equitas hak pengguna jalan.

Pemprov Jatim dinilai sangat layak mendapat WTN Wiratama, karena dinilai punya komitmen tinggi terhadap penataan transportasi yang baik dan berhasil melakukan pembinaan kepada kabupaten/kota. Indikatornya, minimal ada 45 persen kabupaten/kota ikut dalam penilaian WTN. Dari peserta yang ikut untuk empat kategori, yakni kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil tersebut, minimal 50 persennya jadi pemenang.

Trofi WTN Wiratama 2012 diserahkan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan kepada Gubernur Soekarwo, Senin (6/5/2013), di Gedung Hall Mataram Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Ikut mendampingi Pakde Karwo, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Jatim Wahid Wahyudi, Kabid Lalu Lintas Dishub dan LLAJ Suban Wahyudiono, dan Dirlantas Polda Jatim Kombespol Komarul Zaman.

Jatim menjadi provinsi pertama di Indonesia yang berhasil memperoleh penghargaan WTN Wiratama dua tahun beruturut-turut, setelah tahun lalu juga memperoleh penghargaan serupa. Khusus tahun ini, selain Jatim Provinsi Bali juga meraih penghargaan serupa.

Tahun ini, ada 22 dari 38 kabupaten/kota di Jatim memenuhi syarat untuk dinilai dalam penghargaan WTN. Dari jumlah itu, 18 kabupaten/kota berhasil jadi juara. Rinciannya, Piala WTN diraih, Kota Probolinggo, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Lumajang. Lalu Piala WTN kategori Lalu Lintas diraih Kota Malang, Sidoarjo, Tuban, Kabupaten Malang, Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Tulungagung, Magetan, dan Pacitan. Sedangkan Lamongan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Kabupaten Blitar menerima Plakat WTN.

Selain itu, empat perusahaan oto bus (PO) juga berhasil menjadi yang terbaik di Indonesia. Yakni, PO Kalisari Surabaya jadi perusahaan angkutan pariwisata terbaik. Sedang PO Medali Mas Malang, PO Aneka Jaya Pacitan dan PO Harapan Jaya Tulung Agung menjadi yang terbaik di bidang angkutan reguler antar kota antar propinsi (AKAP).
 
Dengan sukses yang diraih Pemprov Jatim, Gubernur Soekarwo akhirnya ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan untuk memberikan sambutan sekaligus motivasi agar semua daerah di Indonesia serius memperbaiki layanan dan sistem transportasi.
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Parmin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas