• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Surya

ITS-Unair Berlakukan Sistem Kluster Uang Kuliah Tunggal

Senin, 25 Maret 2013 21:27 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) tidak berarti uang kuliah akan sama bagi semua mahasiswa di segala program studi (prodi).

Dua PTN Surabaya, Universitas Airlangga dan Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) masing-masing memberlakukan sistem kluster UKT.

Pembantu Rektor (PR) II ITS Muhammad Faqih mengungkapkan ada lima kluster UKT yang sudah ditentukan, yakni, sangat rendah, rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi. Kluster itu berlaku untuk semua jurusan di ITS dan disesuaikan kemampuan orang tua mahasiswa. "Gampangnya, ITS nanti memiliki lima jenis UKT," katanya.

Dijelaskan Faqih, pekan lalu Rektor ITS Tri Yogi Yuwono sudah menyetorkan range UKT ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Dia berharap arahan dari Dikti segera keluar, sehingga bisa ditetapkan dan sebelum April ITS sudah mempublikasikan angka tersebut.

Berapa besarnya UKT yang diseragkan ke Dikti? Dia belum bersedia menyebutkan.

Sementara UKT di Unair ada tujuh kluster, yakni, sangat rendah sekali, sangat rendah, rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi, serta sangat tinggi sekali. Penentuan ini juga didasarkan pada kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa.

Wakil Rektor II Unair Moch. Nasih berharap, akhir Maret pihaknya udah memublikasikan nilai UKT.

"Banyak pihak sudah menunggu pengumaman ini. Semoga saja bisa segera diumumkan," katanya.
Penulis: Musahadah
Editor: Parmin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
511422 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas