• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Surya

Akmil TNI AD Buka Pendaftaran Wanita

Kamis, 21 Maret 2013 12:48 WIB
SURYA Online, JAKARTA - Akademi Militer (Akmil) AD membuka kuota penerimaan untuk siswa perempuan atau disebut taruni untuk pendidikan tahun ajaran 2013.

"Karena memang wanita sudah dalam posisi yang setara dengan pria. Bukan karena desakan LSM. Tetapi tidak semua bisa disamakan. Tapi kami tidak memberikan hak khusus pada mereka," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jend TNI Pramono Edhie Wibowo di Mabes AD, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013).

Jumlah kuota untuk taruni AKMIL AD sebanyak 16 orang. Sementara kuota untuk taruna 176 orang. Meskipun kuota perempuan jauh lebih sedikit dibanding kuota pria namun Pramono menyatakan, ini adalah langkah awal bagi TNI untuk membuka perekrutan perempuan.

Namun demikian, Pramono menyatakan, taruni tidak disiapkan untuk berada di garis depan pertempuran. Satuan tempur masih terbatas diperuntukkan bagi kaum adam. Namun dirinya mengidamkan perempuan bisa maju di medan pertempuran, suatu hari nanti.

"GI Jane itu film. Tapi kenyataanya ada tidak? Tidak mudah. Saya mengidamkan mereka untuk fighter helikopter," ujar adik Ibu Negara Ani Yudhoyono ini.

TNI AD membuka kuota penerimaan 10.528 untuk tahun ini. Untuk Akmil, pendaftaran sudah dibuka 4 Februari 2013 dan berakhir 28 Maret 2013. Pramono berjanji akan menindak tegas anak buahnya yang ketahuan menarik pungutan liar dari calon taruna.

"Kemarin-kemarin sudah beberapa orang berpangkat kolonel dicopot jabatan karena 'bermain'. Sekarang kalau ada yang dicopot jabatan banyak yang senang. Kapan lagi mengganti jabatan orang," pungkasnya. (dt.com)
Penulis: Wahjoe Harjanto
Editor: Wahjoe Harjanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
505121 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas