Selasa, 26 Mei 2015

Mengintip Latihan Grup Campursari Tirto Gumelar Kobangdikal

Minggu, 17 Maret 2013 18:15

Mengintip Latihan Grup Campursari Tirto Gumelar Kobangdikal
surya/sri handi lestari
Grup Campursari Tirto Gumilar, Kobangdikal saat latihan untuk tampil di HUT Dharma Pertiwi bulan April mendatang di Mabes TNI Jakarta dan mendapat kunjungan dari istri Kasal Penny Marsetio sekaligus Ketua Umum Jalasenastri, Jumat (15/3/2013) lalu.

Alunan musik khas Campusari terdengar dari Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro, Kobandikal, Jumat (15/3/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka tidak tampil seperti biasanya. Para Kowal tampil dengan seragam training olahraga warna gelap dan kaos lengan panjang pink kombinasi abu-abu.

Hanya satu yang tampil dengan kebaya dan jarit plus dandanan yang nyetrik mirip tokoh Jeng Kelin. Tapi rambutnya disanggul sederhana.

Bersama tiga anggota kowal yang berselendang di pinggang, dia menari mengikuti alunan lagu yang dinyanyikan rekan kowal lainnya.

Di belakang mereka, terlihat para pemain musik, seperti gedang, slendro, kenong, bonang, dan sejenisnya. Selain para Kowal, terlihat para pria pemain musik yang tampil dengan kostum hitam-hitam ala tokoh Madura, Sakera. Lengkap dengan udeng, hiasan kepala khas Suroboyoan.

Usai menampilkan lagu, salah seorang pria berseragam doreng, tampak mendekat. “Ayo evaluasi. Dalam lagu tadi ada yang salah. Siapa yang tahu salahnya?”, kata pria itu kepada para rombongan. Salah satu peserta menyahut dan kemudian mereka sepakat untuk memperbaikinya.

Sosok pria berseragam doreng itu ternyata adalah Letnan (Mar) Ludi Prastyono, sebagai Komandan Detasemen Markas Kobangdikal sekaligus pelatih dan koordinator group campursari. “Ini merupakan grup campursari Tirto Gumelar Kobangdikal. Bari akhir tahun 2012 jelang awal tahun 2013. Dulunya sudah ada tapi pasang surut dan baru aktif dengan nama lagi diwaktu itu,” jelas Ludi di sela latihan.

Dalam latihan hari Jumat itu memang penampilan mereka berbeda. Hal ini tak lepas dari kehadiran istri Kepala Staf Angkalan Laut (Kasal) Ny Penny Marsetio yang juga sebagai Ketua Umum Jalasenastri TNI AL serta ibu pelindung Kowal (Catra Ratnanggadi Jalakanya Sena).

Halaman123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Satwika Rumeksa
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas