• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Surya

Bupati Rembang Diduga Korupsi Rp 4 Miliar

Selasa, 12 Maret 2013 23:15 WIB
SURYA Online, SEMARANG - Mochamad Salim, Bupati Rembang Jawa Tengah, diduga kuat telah melakukan tindak pidana korupsi  dana penyertaan modal PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ) yang merugikan negara sebesar Rp 4 miliar.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Jateng Kombes Pol Mas Guntur Laupe mengatakan, jumlah kerugian tersebut diketahui berdasarkan keluarnya hasil perhitungan kerugian negara (PKN) yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Guntur menjelaskan, pada PKN BPK tertulis jika kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana APBD 2006-2007 Kabupaten Rembang itu sebesar Rp 4.190.071.100.

Dengan keluarnya PKN tersebut, kata Guntur, penyidik segera melanjutkan proses pemeriksaan terhadap sejumlah pihak. "Kami akan meminta keterangan BPK sebagai saksi ahli, untuk melengkapi berkas penyidikan serta mencari informasi dari mana saja kerugian negara sehingga mencapai Rp 4 miliar," katanya.

Kasubdit III Tipikor AKBP Joko Setiono mengatakan, Bupati Rembang Mochammad Salim akan diperiksa sebagai tersangka. "Sebelum memeriksa Bupati Rembang, kami akan meminta keterangan BPK agar pertanyaan yang diajukan ke tersangka bisa fokus dan efektif," katanya.

Pemkab Rembang pada Tahun Anggaran 2006 dan 2007, menyertakan modal sebesar Rp 35 miliar ke PT RSBJ yang bergerak diberbagai bidang. Berdasarkan hasil investigasi BPK pada 27 Maret 2009, ditemukan penyimpangan penggunaan uang negara pada APBD Kabupaten Rembang 2006-2007 sebesar Rp 5,54 miliar.

Penyimpangan penggunaan dana penyertaan modal tersebut, diduga akibat pembelian tanah di Desa Tireman seluas 8.170 m2 untuk pembangunan SPBU, dan kerja sama pengadaan kayu untuk gempa di Yogyakarta.

Penyidik kepolisian menetapkan M. Salim dan M. Siswadi, sebagai tersangka kasus korupsi itu pada 16 Juni 2010 setelah menindaklanjuti kasus itu dan menemukan sejumlah bukti kuat keterlibatan keduanya. M Salim telah diperiksa di Ditreskrimsus Polda Jateng pada November 2012.
Editor: Adi Agus Santoso
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
492091 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas