Senin, 24 November 2014
Surya

Motivasi Adu IT ke Rusia

Rabu, 27 Februari 2013 09:10 WIB

Motivasi Adu IT ke Rusia
dok irving hutagalung
SURYA Online, SURABAYA - Mengibarkan bendera Merah Putih di ajang kompetisi internasional dan tentunya hadiah utama senilai Rp 500 juta menjadi motivator bagi para mahasiswa dan pelajar Indonesia untuk menciptakan karya dan program IT terbaik. Mereka ingin siap bersaing dalam kompetisi IT intternasional, Microsoft Imagine Cup 2013.

Motivasi besar dalam ajang ini setidaknya terlihat dari respons pendaftaran yang membeludak. Jumlah pendaftaran peserta nasional meningkat drastis jika dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Academic Audience Manager Microsoft Indonesia, Irving Hutagalung, mengatakan per 20 Februari 2013 jumlah pendaftar sudah lebih dari 600 peserta. Para pendaftar ini berasal dari lebih 60 institusi pendidikan di Indonesia.

“Pendaftaran masih dibuka sampai 15 Maret 2013, tetapi jumlah pendaftar sudah melampaui jumlah peserta tahun lalu,” ujar Irving, Jumat (22/2). Tahun lalu, ada 400-an peserta dalam ajang yang sama.

Irving menambahkan peningkatan jumlah peserta tahun lalu turut dipengaruhi oleh penambahan kategori lomba. Jika tahun lalu kategori lomba hanya satu, World Citizenship, tahun ini ada tiga kategori. Dua kategori baru yang dilombakan yakni Games dan Innovation.

Dalam rangka penyelenggaraaan Microsoft Imagine Cup 2013 Microsoftt Indonesia melakukan road show di Jawa Timur (Jatim). Kunjungan ke kampus mulai dijalankan Jumat (22/2). Irving Hutagalung mengatakan road show akan difokuskan di Surabaya dan Malang. Beberapa kampus yang dikunjungi antara lain ITS, PENS Stikom, UB, UMM, dan UNM.

“Selain lebih mengenalkan program ini, kami melakukan mentoring dan workshop,” ujar Irving. Ia menyebut lomba ini merupakan lomba tahunan yng diselenggarakan secara internasional. Tahun ini pemenang dari Indonesia akan masuk grand final di Rusia.   

Irving juga menegaskan melalui lomba, secara tidak langsung akan membantu dan mendorong peserta melakukan inovaasi sebelum mereka benar-benar lulus dan terjun ke dunia kerja. “Keuntungan lain, ajang ini jadi jembatan menjadi entrepreneur dan kesempatan berkolaborasi dan menjalin networking,” tambahnya.

Untuk mengikuti lomba, pelajar dan mahasiswa bisa mendaftar tim di http://aka.ms//ICID. Batas waktu pendaftaran dan pengumpulan aplikasi hingga 15 Maret 2013.
Penulis: Dyan Rekohadi
Editor: Endah Imawati

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas