Minggu, 21 Desember 2014
Surya

Dapil di Kabupaten Jombang Tetap

Rabu, 27 Februari 2013 21:09 WIB

SURYA Online, JOMBANG - Daerah pemilihan (Dapil) untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Jombang pada pemilu 2013  tidak berubah. Enam dapil Kabupaten Jombang masih tetap digunakan pada pemilu 2014, untuk merekrut 50 anggota legislatif setempat.

Hal itu diputuskan saat Konsultasi Publik Usulan Penetapan Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi Pemilu DPRD Jombang 2014, yang digelar di Aula KPU Jombang, Rabu (27/2/2013).
   
Hadir dalam konsultasi itu Komisioner KPU Jatim Nadjib Hamid, perwakilan seluruh parpol calon peserta pemilu 2014, jajaran Forpimda, Ketua Panswalu Jombang, Makhrus.

Kesimpulan dari pertemuan konsultasi, semua sepakat dalam pemilu 2014 nanti tidak ada perubahan dapil di Jombang. Semua setuju dengan pendapat KPU Jombang yang disampaikan oleh Komisioner Medan Amrullah, yang intinya tetap menggunakan enam dapil.

Komisioner KPU Jatim Nadjib Hamid mengungkapkan, pengumuman dan penetapan Dapil oleh KPU pusat akan dilaksanakan 9 Maret 2013, setelah KPU RI pleno.

“Dalam penetapan dapil perlu memperhatikan aspek sosio budaya masyarakat. Misalnya dalam satu dapil yang terdiri dari 2 kecamatan, maka sebaiknya memperhatikan kultur masyarakatnya. Jangan terlalu jauh berbeda agar tidak menimbulkan gejolak,” kata Nadjib Hamid.

Ketua Panwaslu Jombang, Mahrus menyatakan, sebelumnya panwas sudah melakukan simulasi dari seluruh total 21 kecamatan di Jombang terkait dapil ini.

"Dan memang hasil akhirnya, kami sepakat dengan KPU. Yaitu bahwa dalam pemilui 2014, jumlah dan pembagian dapil di Kabupaten Jombang tidak ada perubahan,” kata Makhrus.
Penulis: Sutono
Editor: Parmin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas