Kamis, 18 Desember 2014
Surya

Cabor Wushu Dikenalkan Di Level Sekolah

Selasa, 26 Februari 2013 15:53 WIB

Cabor Wushu Dikenalkan Di Level Sekolah
surya/hanif manshuri
Cabang Olahraga Wushu diperkenalkan di level sekolah di GOR Lamongan, Selasa (26/2/2013)
SURYA Online, LAMONGAN - Pengurus cabang olahraga Wushu Indonesia mulai mengenalkan cabor ini ke sekolah-sekolah melalui kegiatan pelatihan Wushu Sanda di Gedung Olahraga (GOR), Selasa (26/2/2013).

Dalam pelatihan yang diikuti 94 orang peserta dari unsur guru SMP, SMA dan SMK tersebut, juga dilakukan peragaan oleh dua atlet Wushu Sanda dari Pengcab WI Sidoarjo, yakni Jefri dan Yaskur. Wushu Sanda (dulu bernama Wushu Sanshou) sendiri adalah salah satu cabang wushu jenis tarung tangan kosong, full body contact.

Dalam peragaan yang dipimpin Anang Afandi, wasit wushu asal Lamongan, diperagakan sejumlah gerakan yang ada dalam tarung Wushu Sanda. Sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua Pengprov WI Jatim, Pujianto, hanya ada empat teknik dalam Wushu Sanda. Yakni teknik tendangan, bantingan, dorongan dan pukulan.

“Karena sangat sederhana, hanya ada empat teknik, olahraga ini sebenarnya sangat mudah untuk dikenalkan. Jika calon atlet sudah memiliki keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi, pengenalan teknik dalam Wushu Sanda akan menjadi lebih mudah. “ ujarnya.

“Terlebih wushu ini adalah jenis pertarungan bebas, full body contact, “ imbuh dia. Namun dia menambahkan, segi keamanan sangat diperhatikan dalam Wushu Sanda.

Sehingga atletnya saat berlaga harus dilengkapi dengan pelindung kepala ,badan dan juga gigi. Mereka juga diwajibkan menggunakan sarung tangan seperti dalam olahraga tinju.

Pengcab WI Lamongan sendiri aktif mengikuti berbagai kompetisi. Seperti dalam Porprov Jatim III dua tahun lalu di Kediri yang mengirimkan enam orang atlet. Meski langkah mereka berhenti di babak semifinal. Sementara pada Porprov Jatim IV di Madiun Juni nanti, akan dikirmkan tujuh orang atlet.

 Atlet Wushu Lamongan, Ernawati dari SMP Tri Sakti Kecamatan Modo pada 2008 lalu pernah sukses menjadi juara di ajang Seleksi Nasional (Seleknas) Wushu Sanshou pada kelas 56 kilogram wanita.
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Heru Pramono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas