Sabtu, 20 Desember 2014
Surya

Kapolres Bangkalan: Sebagian Warga Masih Mau Beli Motor Curian

Jumat, 22 Februari 2013 16:10 WIB

Kapolres Bangkalan: Sebagian Warga Masih Mau Beli Motor Curian
surya/ahmad faisol
Kapolres Bangkalan AKBP Endar Priantoro
SURYA Online, BANGKALAN - Maraknya aksi pencurian sepeda motor di Kabupaten Bangkalan tak lepas dari minat warga untuk membeli motor hasil kejahatan.

"Harga motor hasil kejahatan di bawah standar dengan sebuah resiko melawan hukum. Tapi sebagian masyarakat masih saja membelinya," ungkap Kapolres Bangkalan AKBP Endar Priantoro, Jumat (22/2/2013).

Ia menjelaskan, minat masyarakat terhadap motor hasil kejahatan menjadi salah satu indikator tingginya aksi ranmor di Kabupaten Bangkalan. "Dapat, dijual ke penadah langsung dapat hasil. Mudah bagi pelaku mendapat uang," terangnya di ruang kerjanya.

Mantan penyidik KPK itu mengemukakan, pihaknya terus melakukan pendekatan kepada masyarakat agar tidak membeli motor hasil curian.

"Terbukti, dalam dua bulan terakhir ini kami telah menangkap sejumlah pelaku ranmor kelas kakap. Semuanya masih remaja dan pengangguran," paparnya.

Kendati demikian, masih saja terjadi aksi ranmor di sejumlah titik di kota di Bangkalan. Sementara para pelaku yang tergolong kakap, sudah kita amankan.

"Berarti ini kan banyak. Bukan satu atau dua grup. Kami juga tengah memburu sejumlah penadah motor curian yang menjadi bagian dari mata rantai maraknya aksi ranmor," katanya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan memarkir motornya. "Kami sudah lakukan sosialisasi terhadap masyarakat sebagai upaya memutus mata rantai pencurian sepeda motor," pungkas Endar Priantoro.

Sebelumnya, jajaran Satreskrim Polres Bangkalan berhasil menangkap pelaku ranmor berusia 18 tahun, Salamon warga Kampung Jakan, Desa Parseh, Kecamatan Socah, Rabu (20/2/2013). Pelaku kini diamankan di mapolres setempat setelah membawa kabur Yamaha Mio milik karyawan Galeri Polygon, depan rumah dinas Kapolres Bangkalan.
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Satwika Rumeksa

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas