A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

KPUD Jember Digugat Nasrep di PTUN - Surya
Sabtu, 29 November 2014
Surya

KPUD Jember Digugat Nasrep di PTUN

Selasa, 19 Februari 2013 23:10 WIB

SURYA Online, JEMBER - KPUD Jember ikut digugat Partai Nasional Republik (Nasrep) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Hari ini, Ketua KPUD Jember, Ketty Tri Setyorini mengikuti sidang tersebut di PTUN Jakarta.

"KPUD Jember menjadi salah satu KPU yang ikut digugat Partai Nasrep," ujar Ketty kepada Surya.co.id, Selasa (19/2/2013). Sangkaan yang ditujukan pada KPUD Jember adalah, tidak melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Nasrep di Jember.

Menurut Ketty, partai yang menggugat di PTUN kebanyakan partai yang dinyatakan tidak lolos untuk mengikuti Pemilu 2014 oleh KPU Pusat. Mereka adalah partai yang diverifikasi faktual sesuai dengan rekomendasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Satu di antaranya adalah Partai nasrep.

Ketty menjelaskan, komisioner KPUD Jember telah melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Nasrep di Jember. "Kami sudah melakukan verifikasi. Berdasarkan SK yang kami terima pengurus Nasrep di Jember adalah Ali Wafa dan Prayitno. Alamatnya di Jalan Antirogo, ketika kami verifikasi, Prayitno mengatakan sudah tidak tertarik untuk ikut," ujar Ketty.

Karena itu, menjadi kewajiban komisoner untuk membuat berita acara yang diserahkan kepada KPU Pusat. Berita acara itu hal mutlak yang harus dibuat ketika komisoner melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik.

Setelah memverifikasi faktual pengurus Partai Nasrep yang pengurusnya Ali Wafa dan Prayitno (ketua dan sekretaris), ada lagi orang lain yang menyatakan diri sebagai pengurus Nasrep. Bahkan pengurus yang baru ini menyerahkan KTA. Sayangnya, tidak ada alamat si pemilik KTA di masing-masing KTA tersebut.

Komisioner berupaya menanyakan hal itu kepada DPP Partai Nasrep di Jakarta. "Dibenarkan kalau ada pengurus baru atas nama Feri Setiawan. itu sudah menjelang akhir masa verifikasi faktual. Kami tetap melakukan verifikasi ke alamat yang disebut sebagai alamat kantor meskipun tidak ada aktifitas partai di tempat itu," imbuh Ketty.

Komisoner tidak melakukan verifikasi KTA karena tidak ada alamat tertera di KTA tersebut meskipun jumlahnya 1.028 KTA. Karena tidak lengkap, akhirnya komisioner memberikan keterangan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk Partai Nasrep.
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adi Agus Santoso

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas