• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Surya

Evaluasi Kinerja dan Mantapkan Program Lewat Rasko

Selasa, 19 Februari 2013 14:52 WIB
Evaluasi Kinerja dan Mantapkan Program Lewat Rasko
surya/sri handi lestari
Rasko Kobangdikal
SURYA Online, SURABAYA–Sepanjang hari Senin (18/2/2013) dan Selasa (19/2) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) menyelenggarakan Rapat Staf dan Komando (Rasko) Kobangdikal 2013. Rasko digelar untuk melakukan evaluasi kegiatan dan permasalahan yang telah dilaksanakan tahun 2012. Serta mantapkan program kerja di tahun 2013.

Rasko dibuka secara langsung Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kobangdikal Surabaya. Peserta Rasko sebanyak 196 peserta, yang berasal dari para direktur sebagai unsur pembantu pimpinan, para komandan komando pelaksana di bawah Kobangdikal hingga setingkat komandan sekolah di tiap-tiap Pusat Pendidikan.

Tema rasko adalah “ Melalui Rasko Kobangdikal Tahun 2013, Kita Mantapkan Komitmen untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Matra Laut Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia TNI AL yang Handal dan Disegani.”

Menurut Dankobangdikal, Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, pelaksanaan Rasko ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis. Karena sebagai wahana komunikasi dua arah antara Dankobangdikal  beserta staf dengan para perserta Rasko khususnya para komandan pelaksana Kobangdikal.

Selain wahana komunikasi dua arah, penyelenggaraan Rasko Kobangdikal juga merupakan tindak lanjut dari hasil rapat pimpinan TNI AL untuk menyampaikan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah, Kemenhan, Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) untuk menjadi pedoman pemimpin tingkat bawah.

“Salah satu penekanan Panglima TNI adalah melaksanakan program reformasi birokrasi di lingkungan TNI dengan mereformasi kultur dan mindset (pola piker –Red) dengan berpijak Trisula TNI yaitu TNI sebagai Kekuatan pertahanan NKRI, sebagai kekuatan Moral dan sebagai kekuatan kultur bangsa Indonesia,” jelasnya.  

Selain mereformasi birokrasi dilingkungan TNI, penekananan yang lainnya berupa pengembangan kekuatan TNI sesuai konsep kekuatan pokok Minimum Essential Force (MEF) dengan prioritas pemberdayaan industri pertahanan dalam negeri berprinsip User Oriented dan memenuhi Operational Requirement yang ditetapkan oleh TNI sebagai pengguna.

Merumuskan strategi militer nasional berbasis doktrin Tri Dharma Eka Karma dan renstra TNI melalui penegembangan konsep Trimatra terpadu dengan mengedepankan keunggulan khusus satuan di tiap-tiap angkatan guna merespon isu politik dan keamanan kawasan yang berdampak pada keamanan negara.

Dalam Rasko hari pertama ini, menampilkan tiga belas pembicara antara lain dari Inspektorat Kobangdikal (Irkobangdikal) disusul Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik), Direktur Perencanaan dan Anggaran (Dirrena), Direktur Pendidikan (Dirdik), Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang), Direktur Personil (Dirpers), Direktur Logistik (Dirlog) dan Direktur Keuangan (Dirku).

Sementara itu sesi kedua menampilkan pembicara Komandan Pusat Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla), Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar), Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum), Komandan Sekolah Tinggi Tekhnologi Angkatan Laut (Dan STTAL) dan ditutup Komandan Pusat Latihan Dasar Kemiliteran (Danpuslatdiksarmil)
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
459781 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas