Tak Ada Temuan Benda Purbakala di Totok Kerot

Penggalian di depan situs Arca Totok Kerot di Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur tak menemukan situs

Tak Ada Temuan Benda Purbakala di Totok Kerot
surya/didik mashudi
Arca Totok Kerot banyak disambangi pengunjung pada hari libur.
SURYA Online, KEDIRI - Penggalian di depan situs Arca Totok Kerot di Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur tak menemukan situs bangunan bersejarah. Penggalian untuk penelitian itu dilakukan karena ada pelebaran jalan.

"Sudah digali di beberapa titik dengan kedalaman sekitar empat meter tapi tak ada temuan benda purbakala," ungkap Rukani, penjual makanan di situs Arca Totok Kerot, Minggu (17/2/2013).

Bekas galian penelitian itu juga sudah ditutup kembali dan jalan di depan Arca Totok Kerot juga telah diaspal.

Penggalian itu dilakukan tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur untuk menyelidiki keberadaan peninggalkan purbakala lain yang disinyalir masih terdapat di sekitar areal situs.

Masalahnya pemerintah daerah  melebarkan jalan di depan areal situs. Proses penggalian penyelamatan dilakukan selama enam hari oleh petugas BPCB.

Petugas juga melakukan pengeboran dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Arca totok kerot merupakan peninggalan purbakala zaman Kerajaan Kadiri.

Arcanya berbentuk  dwarapala setinggi tiga meter itu pertama kali ditemukan 1981. Arca ini  biasanya berada di depan komplek bangunan candi.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Heru Pramono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved