A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Honor Ratusan PPL Dipotong Sebulan - Surya
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Surya

Honor Ratusan PPL Dipotong Sebulan

Kamis, 7 Februari 2013 20:53 WIB
SURYA Online, MAGETAN - Sebanyak 343 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di Kabupaten Magetan mengeluh, karena honor mereka selama lima bulan, hanya dibayar empat bulan. Pemotongan Ini, seperti disebutkan dalam Surat Keputusan (SK) penetapan anggota PPL.

"Ini aneh, masak kerja lima bulan hanya dibayar empat bulan. Bulan Maret 2013 ramai-ramainya kampanye Pilkada, karena 14 April 2013 sudah coblosan, malah tidak dihonor," kata salah seorang PPL,  sambil menunjukan salinan SK PPL, Kamis (7/2/2013).

Menurut dia, di UU Panwaslu tahun 2011 pasal 102 ayat 1, disebutkan untuk PPL Kabupaten, Kecamatan dan luar negeri kontraknya satu tahun. "Maksudnya kontrak satu tahun, honor juga satu tahun atau 12 kali. Tapi ini kok lucu, kerja lima bulan, honor empat bulan. Padahal, pas bulan yang tidak dihonor itu mobilitas sangat tinggi dan butuh transpor tidak sedikit, selain tenaga," katanya.

Makanya, lanjut dia, Banwaslu Jatim harus bisa menjelaskan SK penetapan anggota PPL ini.  "Ini sama saja menyuruh PPL berbuat tidak baik. Sangat tidak yakin negara membuat aturan dan menganggarkan empat bulan dari kerja lima bulan. Mau tidak anggota Panwaslukab dari 12 bulan kerja, hanya dibayar 10 bulan. Padahal fasilitas untuk kegiatan disediakan," katanya.

Menurut dia, honor PPL kecamatan setiap bulannya hanya dibayar Rp 450 ribu. Honor itu sangat jauh bila dibandingkan dengan anggota Panwaslukab.  "Bayangkan honor Ketua Panwaslukab Rp 5 juta dan anggota Rp 4 juta. Sedang kita, yang honornya Rp 400 rbu, masih dipotong," katanya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Magetan R Djoko Siswanto ketika dikonfirmasi membenarkan, masalah itu dengan alasan sudah sesuai kesepakatan. "Dan mereka sanggup ketika diminta kerja sukarela untuk satu bulan itu," kata Djoko Siswanto, Kamis (7/2/2013).

Menurut Djoko, terkait besaran honor dan SK penetapan itu sesuai dengan petunjuk Banwaslu Jatim. Kontrak itu akan diperpanjang kalau PPL itu bisa menunjukan kinerja yang baik.  "Kalau mereka kerja baik dan tidak neko-neko, mungkin kontrak kerjanya bisa diperpanjang, mungkin bisa sampai pilgub, pileg bahkan sampai Pilpres. Karena itu, PPL harus bisa menunjukan kinerjanya, agar bisa diperpanjang kontraknya," tandas Djoko.
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Adi Agus Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas