Senin, 22 Desember 2014
Surya

Mantan Bupati Bojonegoro Terancam Hukuman Seumur Hidup

Rabu, 23 Januari 2013 16:05 WIB

SURYA Online, SURABAYA - Mantan Bupati Bojonegoro Santoso kembali diadili atas dugaan korupsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Rabu (23/1/2013).

Kali ini, Santoso yang sebelumnya dihukum lima tahun penjara atas perkara korupsi APBD Bojonegoro ini, diadili bersama mantan sekretaris Kabupaten Bojonegoro, Bambang Santoso.

Jaksa Penuntut Umum, Muhlis menjerat keduanya dengan pasal 2 dan 3 undang-undang pemberantasan tipikor dengan ancaman hukuman hingga seumur hidup.

Kedua mantan pejabat ini diduga mengorupsi dana operasional pembebasan lahan untuk eksplorasi migas Blok Cepu dari Mobile Cepu Limited (MCL) sebesar Rp 3.814.650.000 (Rp 3,8 M). Dana ini diberikan MCL untuk bantuan kerja Pemkab Bojonegoro.

Seharusnya uang dari MCL tersebut dimasukkan ke rekening kas daerah (Kasda), namum Santoso memasukkannya ke rekening Tim Koordinasi dan Pengendali Pembebasan Tanah untuk keperluan MCL. Tim ini diketuai Wakil Bupati Bojonegoro Thalhah. Adapun Santoso selaku Pelindung, sementara Bambang Santoso sebagai Ketua I.

"Tapi kenyataannya dana itu digunakan di luar ketentuan mou yang sudah disepakati,"kata jaksa penuntut umum Muklis saat membacakan dakwaannya.
Penulis: Musahadah
Editor: Titis Jati Permata

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas