Senin, 22 Desember 2014
Surya

Potensi Peternak Ayam Madiun Capai Rp 1 Triliun

Jumat, 18 Januari 2013 14:46 WIB

SURYA Online, MADIUN - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Madiun drh Lilin A Syarifah meyakini potensi penghasilan peternak ayam bisa mencapai Rp 1 triliun per bulan.

"Misalnya penghasilan peternak ayam Rp 2 juta per bulan dikalikan jumlah peternak 50.000 orang, hasilnya mencapai Rp 1 triliun. Ini belum ditambah peternak unggas non-ayam,"  terang drh Lilin kepada surya.co.id Jumat (18/1/2013).

Kendati demikian, Lilin mewaspadai adanya serangan berbagai penyakit, termasuk flu burung. "Oleh karenanya jenis serangan penyakit apa pun harus dilaporkan ke dinas agar segera ditindaklanjuti dan tak berimbas besar bagi penghasil peternak," imbuhnya.

Selain itu Lilin merinci, jika saat ini populasi ternak ayam di Kabupaten Madiun dibagi menjadi 3 jenis. Yakni ayam buras sebanyak 1,5 juta ekor, ayam petelur sebanyak 150.000 - 200.000 ekor, dan ayam pedaging mencapai 400.000 ekor.

Sementara, dengan data populasi ternak ayam itu, bagi dokter hewan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan daging dan telur ayam di wilayah Kabupaten Madiun. Akan tetapi, dalam praktiknya sirkulasi penjualan dan pengiriman ayam bisa silih berganti.

Alasannya, ayam dari luar seperti Magetan, Nganjuk, Tulungagung dan Kediri bisa masuk Kabupaten Madiun. Sebaliknya, ayam asal Kabupaten Madiun bisa dikirim ke wilayah daerah mana saja.
Penulis: Sudarmawan
Editor: Rudy Hartono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas