Minggu, 21 Desember 2014
Surya

Lawan DB dengan Fogging

Rabu, 16 Januari 2013 22:33 WIB

Lawan DB dengan Fogging
surya/cornelius vrian
DB - Petugas melakukan fogging keliling di rumah warga
SURYA Online, KEDIRI - Serangan wabah Demam Berdarah (DB) di Kabupaten Kediri, cenderung meningkat seiring tingginya curah hujan. Data yang dihimpun menyebutkan, Selama bulan Januari 2013 sudah 82 orang yang terserang DB. Namun dinkes setempat mengaku belum mendapat laporan korban meninggal, akibat serangan DB.

Menghadapi serangan wabah penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti tersebut, kini warga ramai-ramai memilih bertahan dengan melakukan fogging (pengasapan).

Seperti yang dilakukan warga Dusun Kweden Desa Karangrejo Kecamatan Ngasem, Rabu (16/1/2013). Mereka mengajukan permintaan fogging, setelah sembilan warganya positif terserang DB. Mereka terdiri tiga dewasa dan enam anak serta remaja. Bahkan satu orang di antaranya, dikabarkan meninggal dunia. “Kalau tidak difogging seperti ini kami khawatir serangan DB akan terus terjadi,” ujar beberapa warga.

Pemkab Kediri meminta, masyarakat waspada terhadap serangan DB terutama pada saat musim hujan. Pasalnya, dalam kondisi seperti ini, banyak faktor yang bisa menyebabkan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. “Warga harus waspada. Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dan kebersihan harus ditingkatkan. agar DB tidak makin menyebar,” tandas Plt Kabag Humas Pemkab Kediri, Edhi Purwanto.
Penulis: Cornelius Vrian
Editor: Adi Agus Santoso

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas