Senin, 24 November 2014
Surya

Pasar Blauran Belum Direvitalisasi

Minggu, 13 Januari 2013 22:41 WIB

SURYA Online, SURABAYA - Pasar Blauran menjadi salah satu pasar legendaris, dari puluhan pasar yang ada di Kota Surabaya. Namun, kondisi pasar yang dikenal sebagai pusat jajanan asli Surabaya tersebut itu kini memprihatinkan, rusak dan sepi pengunjung.

Kondisi itu, sepertinya akan tetap bertahan. Sebab, Pasar Blauran belum akan direvitalisasi tahun 2013  karena Pemkot Surabaya yang awalnya membuka kesempatan pada investor untuk merevitalisasi, kini mempersiapkan anggaran APBD untuk merehab pasar ini.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, Karyanto Wibowo mengatakan, revitalisasi Pasar Blauran akan memakai uang APBD. Menurutnya, hingga kini, PD Pasar Surya belum diajak berkomunikasi tentang skema serta perencanaan ke depan tentang Pasar Blauran. “Kalau untuk Pasar Blauran memang digarap Pemkot. Kita fokus revitalisasi pasar-pasar lainnya,"  ujar Karyanto, Minggu (13/1/2013).

Menurutnya, pelaksanaan revitalisasi kemungkinan masih lama. Ini karena  tidak ada pengajuan anggaran untuk mendukung pelaksanaan revitalisasi Pasar Blauran dalam APBD 2013. Sehingga, dalam beberapa bulan ke depan, tidak ada pengerjaan proyek revitalisasi yang dilalukan Pemkot Surabaya.

Kalaupun nanti direvitalisasi, Karyanto menyebut ciri khas Pasar Blauran nanti tetap dengan skema awal sebagai pusat jajanan. Dia menyebut Pasar Blauran memiliki pembeli loyal. "Kalau melihat kebutuhan, Pasar Blauran akan dipertahankan seperti ini. Artinya, tetap jadi jujukan warga serta wisatawan untuk membeli jajanan Surabaya," ujarnya.
Editor: Adi Agus Santoso

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas