A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Naik Pangkat Guru Harus Lulus PKG - Surya
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Surya

Naik Pangkat Guru Harus Lulus PKG

Senin, 7 Januari 2013 16:42 WIB
SURYA Online, MALANG- Pemerintah pusat memiliki terobosan baru untuk guru yang ingin naik pangkat. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai Januari 2013 ini, guru yang ingin naik pangkat harus memenuhi penilaian kinerja guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

PKG adalah sebuah penilaian yang dilakukan tim  penilai kepada guru terkait cara mengajar sehari-hari dan media pendukung yang digunakannya. Sedangkan PKB adalah beberapa kegiatan yang diikuti guru sebagai penunjang profesinya, seperti seminar, diskusi, karya tulis dan lainnya.

Jianto, Kepala seksi fungsional dan Kependidikan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang mengatakan, peraturan baru terkait syarat kenaikan pangkat  ini sudah ia sosialisaikan kepada semua guru.

PKG dan PKB memiliki point sendiri. Apabila telah memenuhi point yang ditentukan, maka guru bisa mengajukan kenaikan pangkat itu. "Ada buku pedomannya. Besarnya point yang harus dikumpulkan setiap guru berbeda, tergantung golongannya," urai Jianto, Senin (7/1/2013).

Dia memisalkan, guru yang ingin naik pangkat dari golongan IV setidaknya harus memiliki empat point PKB. Satu point sama halnya telah mengikuti seminar sebanyak 30 jam. "Peraturan ini akan menjadikan guru semakin profesional," ujarnya.

Ninik Kristiani, salah satu tim penilai dari SMAN 8 menambahkan, peraturan baru ini merupakan wujud bentuk keadilan kepada guru. Artinya guru yang malas akan kesulitan untuk naik pangkat, dan guru yang rajin akan semakin cepat naik pangkat.

"Peraturan ini sangat bagus, tentunya adil untuk para guru," kata Ninik. Sebelum ada peraturan ini, guru yang ingin naik pangkat hanyamengumpulkan dokumen-dokumen mengajar dan pendidikan, kemudian meminta tanda tangan ke kepala sekolah untuk diusulkan ke pemerintah.

Untuk menjalankan program itu, setiap sekolah harus membentuk tim yang terdiri dari 7 guru yang memang telah profesional menjadi guru. Tim itulah yang akan menjadi penilai. "Sebenarnya ini tidak sulit. Memang guru harus kreatif dan aktif. Saya sebagai guru merasa mudah saja," ungkap Ninik yang juga Kepala SMAN 8 itu.
Penulis: Siti Yuliana
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
406211 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas