Kemenhut Bantu Ecotourism Banyuwangi

Kemenhut Bantu Ecotourism Banyuwangi

SURYA Online, SURABAYA - Pemerintah pusat akan membantu pengembangan ecotourism di Kabupaten Banyuwangi. Ini menjadi bagian kerjasama antara Kementerian Kehutanan, Perum Perhutani dan Pemkab Banyuwangi untuk menjadikan Banyuwangi menjadi Ecotourism.

Kerjasama tersebut dijalin menyikapi luar biasanya potensi kekayaan wisata alam yang dimiliki bumi Blambangan ini. Mulai Kawah Ijen, Pantai Plengkung hingga Pantai Sukamade. Diharapkan, ketiga tempat wisata alam tersebut menjadi segitiga berlian atau triangle diamond.

Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Kementerian Kehutanan, Darori mengatakan, kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi merupakan kerjasama pertama dengan pemerintah daerah dalam pengembangan wisata alam.

"Selama ini, belum ada pemerintah daerah yang melakukan kerjasama dengan Kemenhut untuk mengembangkan potensi wisata alam," ujarnya, Jumat (4/1/2012).

Pihaknya, kata Darori mengapresiasi gagasan Bupati Banyuwangi yang  menetapkan Banyuwangi sebagai Ecotourism. Ecotourism ini menggabungkan potensi lahan milik masyarakat dan tiga taman nasional di Banyuwangi. Konsep ini sudah di desain secara serius antara Kementerian Kehutanan, Universitas Gajah Mada (UGM), dan bebeberapa direktorat jenderal, termasuk melibatkan investor.

Nah, dalam konsep ecotourism, alam digunakan sebagai terapi hiburan. Tren ini sedang mewabah, seperti yang terjadi di Bali.

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Suyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved