• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Surya

Pemkab Magetan Bagi-bagi Mobil untuk Instansi di Luar Pemkab

Kamis, 3 Januari 2013 18:40 WIB
Pemkab Magetan Bagi-bagi Mobil untuk Instansi di Luar Pemkab
SURYA/DONI PRASETYO
BAIK HATI-Mobil Nissan Extrail yang dibagikan Pemkab Magetan pada pimpinan instansi vertikal, seperti Kejakasaan, Polres, Kejaksaan, dan Kodim. Foto diambil, Kamis (3/1/2012)
SURYA Online, MAGETAN -  Pemberian mobil dinas (mobdin) untuk empat pimpinan instansi vertikal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menjadi topik hangat pembicaraan warga setempat diberbagai tempat.

Namun kabarnya Pengadilan Negeri (PN) Magetan menolak halus pemberian mobdin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan itu. Untuk pengadaan mobdin yang relatif mewah itu tidak murah, Pemkab Magetan harus menganggarkan kurang lebih Rp 1,3 miliar.

Selain itu, pemberian mobdin itu hampir bersamaan waktunya dengan pengusutan kasus kawasan industri rokok (KIR) Bendo, yang kini akhirnya kasus itu hampir tidak jelas, setelah ke-empat pejabat setempat yang dinyatakan tersangka (TSK) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) dan ditahan, dibebaskan Pengadilan Negeri (PN) Magetan karena permohonan Preperadilan ke-empatnya dikabulkan.

Ke-empat instansi vertikal yang mendapat bantuan mobdin dari Pemkab Magetan untuk pimpinannya itu yakni Kodim 0804, Polres, Kejaksaan Negeri (Kejari), dan Pengadilan Negeri. Bahkan ke-empat mobdin ini kini sudah di parkir di garasi masing-masing instansi itu.

Meski berstatus mobdin , namun semuanya menggunakan plat nomor polisi hitam, kecuali yang dipakai Komandan Kodim dan Kapolres.

"Itu Pemkab minta persetujuan DPRD sekitar bulan November 2012 lalu, saat ramai-ramainya penahanan empat pejabat yang dinyatakan TSK oleh Kejaksaan. Anggaran untuk mobdin itu di PAK akhir November 2012,"kata salah seorang anggota Komisi C (bidang anggaran dan keuangan) yang namanya minta tidak disebut kepada Surya, Kamis (3/1/2012).

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Magetan Iwan Sunarso, yang informasinya penerima penyerahan mobdin untuk Kajari itu saat dikonfirmasi eggan menjawab dan meminta Surya konfirmasi ke Kasi Intelijen Kejari. "Silakan konfirmasi ke Pak Kasi Intel saja,"kata Kasi Pidsus Iwan kepada Surya yang menghubungi lewat telepon selulernya.

Hal berbeda dikatakan Kepala Humas Pengadilan Negeri (PN) Magetan Warsito yang dikonfirmasi mengaku tidak akan menerima bantuan dari Pemkab Magetan itu, karena mobdin yang dimiliki PN masih relatif baru dan layak pakai.
"Kita tidak menolak, tapi menurut Bapak Ketua PN mobdin yang dimiliki masih sangat layak dan terlihat baru.. Lagian mobdin PN yang dibeli sendiri itu masih sangat baik," kata Warsito yang juga salah satu hakim di PN Magetan itu kepada Surya, Kamis (3/1/2012).

Sementara Kepala Bagian Umum Pemkab Magetan Ny Dwi Astuti, pelaksana pengadaan mobdin untuk bantuan muspida itu membenarkan dan untuk pengadaan mobdin itu sudah sesuai dengan peraturan dan perundangan.
"Pengadaan itu lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), silakan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan humas,"kata Ny Dwi kepada Surya, Kamis (3/1/2012).

Menurut Kabag Umum, harga mobil Nissan X-Trail dengan tahun pembuatan 2012 akhir yang dibantukan kepada pimpinan instansi vertikal itu, harga per unitnya sebesar Rp 319 juta, on the road.   "Silakan aja ke humas, data untuk pelaksanaan pengadaan mobdin itu ada semua di humas ,"kata Ny Dwi singkat.
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas