• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Surya

Jelajah Petilasan Gua Cina

Kamis, 3 Januari 2013 18:39 WIB
Jelajah Petilasan Gua Cina
Deni Tri Laksono
Oleh : Deni Tri Laksono  
Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

 

Mayoritas warga Kota Malang akan menjawab Sendang Biru, Ngliyep, atau Balekambang saat ditanya wisata pantai. Padahal masih ada pantai lain yang tak kalah bagusnya, yakni pantai Gua Cina. Terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, bila menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Malang, jarak 60 Km ditempuh sekitar 2,5 jam.

Mencapai pantai Goa Cina sangat mudah karena petunjuk dan rambu akan memandu hingga lokasi. Didukung jalan beraspal, meski harus berhati-hati karena medan berkelok dan jalan berpagar jurang. Wisata ke pantai Gua Cina tak mahal. Tiket masuk hanya Rp 4.000 dan parkir kendaraan Rp 5.000. 

Tak hanya panorama pantai yang bisa dijelajah, gua di sana seakan menjadi bonus. Gua Cina menawarkan keunikan. Mulut gua dengan tinggi dan lebar satu meter kali satu meter itu memaksa wisatawan membungkuk ketika masuk. Konon, gua ini ditemukan petapa Cina sehingga dinamakan Gua Cina. Memiliki tiga sisi ruang di dalamnya dan jarak terdalam gua sejauh 15 meter. Bau menyengat dupa yang khas terasa menusuk hidung. 

Puas menikmati pantai Gua Cina, Anda dapat melanjutkan ke pantai lain yang tak kalah indahnya, seperti pantai Bajulmati, tiga km dari pantai Gua Cina. Keunggulan pantai ini karena memiliki jembatan unik dan bersih yang cocok untuk berfoto bersama keluarga. Selain itu ada satu pantai yang memiliki nama yang unik dan pasti membuat wisatawan penasaran, yakni pantai Jelangkung. Pantai ini tergolong baru, karena belum ada penjagaan keamanan dari pihak terkait. 

Bila akan berkunjung di pantai Gua Cina lebih baik berangkat pagi karena perjalanan yang cukup jauh. Mayoritas pantai yang ada di selatan pulau jawa tidak dapat dipergunakan untuk mandi. Jadi taati rambu-rambu larangan untuk tidak mandi di area pantai tertentu yang dipasang pihak pegelola pantai karena memang berbahaya. Selain itu, mohon diperhatikan bila membawa anak saat berwisata, kadang terlalu asyik bermain, anak terlepas dari penjagaan orang tua. 




Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
402331 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas