Minggu, 23 November 2014
Surya

Urai Macet di Batu, Jl Dewi sartika dan Imam Bonjol Satu Arah

Rabu, 2 Januari 2013 19:18 WIB

SURYA Online, BATU - Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kota Batu berencana mengubah tiga jalan yang sebelumnya dua arah menjadi satu arah. Hal itu digunakan untuk mengurai kemacetan selama ini terjadi di Kota Batu.

Jalan yang akan diubah menjadi satu arah ini merupakan akses menuju obyek wisata Jatim Park Group, Jatim Park II, Eco Green Park, dan Batu Night Spectacular (BNS). Yakni, Jl Dewi Sartika. Di pertigaan Jl Dewi Sartika seringkali macet ketika para pengunjung berdatangan ke Jatim Park group.

Pada saat liburan, polantas seringkali merekayasa pertigaan jalan ini untuk mengurai kemacetan. Jalan Dewi Sartika merupakan akses jalan utama menuju Jatim Park Group yang ada di Jl Oro-oro Ombo  

Di sini, macet bisa terjadi berjam-jam.  Jalan Imam Bonjol dan separuh Jl Patimura (pertigaan wisma Nala) juga akan menjadi satu arah.

Hal itu diungkapkan oleh Kadishubkominfo Kota Batu, Abdillah Alkaf, Rabu (2/1/2013). Katanya, hal itu untuk mengurai kemacetan di pertigaan Jl Dewi Sartika dan Jl Patimura. Nanti, seluruh kendaraan dari arah Kota Malang yang melintas di Jl Patimura wajib melintas di Jl Dewi Sartika atau di depan Pasar Batu.

Kendaraan yang ingin ke alun-alun Kota Batu tinggal belok kanan melintas di Jalan KH Agus Salim.

“Selama ini kendaraan dari Jl Patimura yang menuju alun-alun Kota Batu langsung lurus ke arah Jl Diponegoro. Model arus lalu lintas semacam ini sering membuat macet di pertigaan Jl Dewi Sartika dan pertigaan Jl Patimura dengan Jl Diponegoro,” ujar Abdillah.

Bagi warga dari arah Oro Oro Ombo dan Jl Dewi Sartika Atas bila ingin menuju Pasar Batu, mereka harus putar melintas Jl Imam Bonjol Lalu belok kanan dan masuk ke Pasar Batu lewat jembatan Jalan Dewi Sartika.

Menurut Abdillah, di pertigaan Jalan Dewi Sartika Atas akan dipasang rambu larangan masuk bagi seluruh jenis kendaraan. “Biasanya kendaraan dari arah alun-alun Kota Batu yang ingin menuju Pasar Batu tidak boleh langsung belok kanan di jembatan Jalan Dewi Sartika, nanti boleh” ujar mantan Camat Batu ini.

Menurut Abdillah, rencana mengubah arus lali lintas di Jl Dewi Sartika dan Jl Imam Bonjol ini merupakan masukan dari Dirlantas Polda Jatim saat melakukan sidak arus lalu lintas di wilayah Kota Batu. Namun, pihaknya akan menyosialisasikan dulu kepada para sopir angkot yang memilik trayek di situ.
Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Rudy Hartono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas