Senin, 22 Desember 2014
Surya

Sampah Tahun Baru di Surabaya Capai 1200 Ton

Selasa, 1 Januari 2013 19:18 WIB

SURYA Online, SURABAYA-Perayaan malam pergantian tahun identik dengan hura-hura. Imbasnya, tumpukan sampah menggunung pada keesokan harinya. Hal itu juga terjadi di Kota Surabaya.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya ketiban tugas membersihkan gunungan sampah tersebut. Total, ada sekitar 1200 ton sampah hasil perayaan malam tahun baru yang dikumpulkan DKP Kota Surabaya.

"Kebanyakan di pusat kota karena kegiatannya kan memang banyak yang di pusat kota," tegas Hidayat Syah, Kepala DKP Kota Surabaya, Selasa (1/1/2013).

Menurut Hidayat, sampah sebanyak 1200 ton itu tidak beda jauh dengan sisa perayaan malam tahun baru di Surabaya pada 2012 lalu. Jumlah ton sampah ini juga setara dengan produksi sampah di Kota Surabaya pada hari biasa.

"Hampir sama. Lha wong yang merayakan tahun baru kan juga orang itu-itu saja. Kegiatannya juga sama saja," ujarnya.

Kebanyakan, jelas Hidayat, sampah tersebut adalah sampah kering seperti kotak nasi, plastik, dan botol plastik yang mudah untuk didaur ulang.

Dia menambahkan, sisa perayaan tahun baru yang dominan sebenarnya bukan produksi sampah, melainkan buangan gas.

"Bisa dibilang, budaya masyarakat membuang sampah di tempatnya sudah mulai tinggi. Tapi, sebenarnya kan, masyarakat ini tidak mengotori. Justru yang banyak kan tingkat polusi yang tinggi," sambung dia.
Editor: Satwika Rumeksa

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas