Selasa, 23 Desember 2014
Surya

2013, E-KTP Bisa Diambil di RT

Sabtu, 29 Desember 2012 21:29 WIB

SURYA Online, MALANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang akan membagikan E-KTP langsung ditingkat RT.

M. Sulthon, Kabid Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dspendukcapil) Kota Malang mengatakan, ada surat edaran dari Kemendagri tertanggal 18 Desember yang menyatakan untuk membagian E-KTP bisa dilakukan dengan tanpa verifikasi ulang di masing-masing Kecamatan.

Untuk itu, menurut Sulthon, untuk mempermudah distribusi nantinya warga yang sudah melakukan perekaman data bisa mengambil di masing-masing ketua RT. "Nantinya, untuk pelimpahan memang dari Kecamatan ke Kelurahan, dan untuk teknis pembagiannya, bisa langsung melalui RT dan RW," kata Sulthon.

Kebijakan ini dilakukan, juga untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, tidak terlalu jauh hanya untuk pengambilan E-KTP.

Dari pertemuan dengan para ketua RT dan RW, disepakati pembagian di masing-masing RT akan dilaksanakan setelah pelayanan di kecamatan yang menggunakan undangan selesai. "Jika diperkirakan, kemungkinan baru bisa dilaksanakan pertengahan bulan Januari," ujar Sulthon.

Cara pengambilannya di masing-masing ketua RT juga tidak terlalu sulit. Warga cukup menunjukkan KTP lama ke Petugas, kemudian jika cocok E-KTP langsung bisa diberikan. Sementara untuk yang lanjut usia dan tidak memungkinkan untuk mengambil sendiri, bisa diwakilkan kepada keluarga yang masih dalam satu KK.
"Supaya tidak terlalu jauh dengan yang diwakilkan, maka kami haruskan masih dalam satu KK," terang Sulthon.

Sebelumnya, untuk pengambilan E-KTP di masing-masing kecamatan dengan harus melakukan rekaman sidik jari untuk menyesuaikan dengan yang sudah ada di E-KTP. Untuk pembagian E-KTP di masing-masing kecamatan, saat ini rata-rata 3 sampai 4 Kelurahan. Denagan sistem baru ini, lanjut Sulthon, pembagian E-KTP di Kota Malang bisa selesai di Bulan Januari 2013 mendatang.

Di tempat terpisah, Priyadi, Kepala Kecamatan Klojen Kota Malang mengatakan, pembagian E-KTP yang akan dikordinatori kelurahan akan memaksimalkan distribusi. "Kalau didistribusikan di kecamatan, kan harus menyesuaikan dengan jadwal dan menunggu lama," kata Priyadi.

Selain itu, jika mengambil di kecamatan dan menyesuaikan dengan undangan juga terkendala dengan beberapa warga yang tidak bisa datang tepat waktu karena bepergian ke luar kota.

Untuk distribusi E-KTP di Kecamatan Klojen, saat ini sudah lima keluarahan. Yang sesuai jadwal terakhir pembagian tanggal 3 Januari. "Setelah itu, kami menunggu instruksi dari dinas untuk menyerahkan E-KTP ke kelurahan," kata Priyadi.
Penulis: Lailatul Maulidiyah
Editor: Suyanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas