Selasa, 25 November 2014
Surya

Penerima Jamkesmas Tidak Merata

Jumat, 28 Desember 2012 20:24 WIB

SURYA Online, JEMBER - Tidak semua warga miskin di Kabupaten Jember, menerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) untuk tahun 2013. Kepala Desa Panduman Kecamatan Jelbuk, Murtini, mengakui masih ada warga kurang mampu di desanya tidak menerima program ini.

"Kartu Jamkesmas untuk Desa Panduman sudah didistribusikan. Memang ada warga miskin yang tidak menjadi penerima Jamkesmas. Artinya nama mereka tidak ada di daftar dan tidak ada kartu untuk mereka," ujar Murtini.

Ia mengakui, jumlah penerima Jamkesmas di desanya sekitar 4.000 jiwa. Namun jumlah itu belum mencakup semua warga miskin di desa yang berada di bawah pegunungan Hyang Argopuro tersebut. Seperti contoh di RT 1 desa tersebut dari 240-an jiwa, hanya 98 orang saja yang menerima kartu Jamkesmas. Padahal di RT tersebut, warga yang mampu bisa dihitung dengan jari tangan saja. "Untuk warga miskin yang belum masuk, katanya bisa disusulkan asalkan tahun 2012 ini," ujar Murtini dengan nada berharap.

Agus, pengurus RW 28 Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates, mengakui tidak semua warga miskin di tempatnya menerima kartu Jamkesmas. "Warga yang benar-benar miskin malah ada yang tidak menerima," ujarnya.
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adi Agus Santoso

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas