• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Surya

2013, Guru SD Gunakan Kurikulum Tematik

Jumat, 14 Desember 2012 13:08 WIB
SURYA Online, MALANG -  Sekolah Dasar (SD) pada 2013 nanti akan menggunakan kurikulum tematik. Karena itu, para guru harus disiapkan untuk menghadapi perubahan itu.

Sekitar 150 guru SD di Kota Malang mengikuti pelatihan pembelajaran efektif menyambut perubahan sistem kurikulum nanti, di aula Universitas Negeri Malang (UM), Jumat (14/12/2012).

Kurikulum tematik adalah sebuah sistem pembelajaran yang tidak berpatokan pada mata pelajaran. Guru dituntut menguasai semua problematika kehidupan dan mampu menuntun siswa untuk berfikir analis dan kritis. "Jadi tidak ada lagi kewajiban guru harus mengajar pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, dan pelajaran lainnya," kata Muchtar, pemateri dalam pelatihan itu, Jumat (14/12/2012).

Dikatakan Muchtar, yang menjadi pembeda antara guru kelas 1 hingga 6 adalah tingkat kesulitan materi kehidupan yang disampaikan. "Jadi perlu sistem dan panduan yang tepat untuk itu. Sekarang pemerintah telah menyiapkan itu, maka guru juga mulai kami persiapkan," ujar Muchtar.

Selama ini, sistem kurikulum masih berpatokan pada mata pelajaran tertentu. Cara seperti itu dinilai tidak efisien dalam memacu daya analis siswa. "Kurikulum lama menyebabkan guru hanya tahu itu-itu saja, tidak luas," tegasnya.

Bambang Suryadi, guru SDN Percobaan 1 mengatakan, kurikulum tematik yang akan diterapkan nanti tentu membawa perubahan dalam dunia pendidikan. "Saya sangat setuju ada sistem itu. Anak-anak memang harus dipacu agar lebih kreatif," kata Bambang.

Selama ini, Bambang sudah mulai menerapkan kurikulum tematik ke siswa kelas IV yang diajarnya. Hanya saja, sistem itu tidak sepenuhnya diterapkan karena belum ada instruksi wajib dari pemerintah. "Cara tematik itu saya pikirkan sendiri dan saya menyobanya, ternyata di luar dugaan, kemampuan para siswa ternyata luar biasa dengan sistem itu," terangnya.

Dia contohkan, ketika menyuruh siswanya menggambar bebas bentuk jantung manusia. Ternyata ada siswa yang menggambar sempurna lengkap dengan komponen-komponennya. "Nah kemampuan itu yang selama ini kita lewatkan," tukasnya.
Penulis: Siti Yuliana
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
378472 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas