• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Surya

NRG Guru Kemenag Keluar, TPP Belum Tentu Cair

Jumat, 7 Desember 2012 11:14 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Entah apa yang membuat administrasi Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) di Kemenag lamban. Jika TPP guru sertifikasi di lingkungan Dinas Pendidikan bisa langsung cair segera setelah dinyatakan lulus sertifikasi. Tidak demikian dengan guru sertifikasi di bawah naungan Kementerian Agama.

Hingga saat ini, guru sertifikasi angkatan 2011 di lembaga agama ini belum menerima hak TPP-nya. Padahal mereka sudah lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) sebagai syarat sertifikasi. Di angkatan yang sama, guru di bawah Dinas Pendidikan sudah menerimanya hingga triwulan terakhir bulan ini.

"Kami sudah bosan kalau protes atau menanyakan ke Kemenag. Sebab, sertifikasi di Kemenag memang satu tahun setelahnya baru bisa cair. Itu belum tentu utuh. Kalau melihat Dinas Pendidikan memang iri. Tapi mau bagaimana lagi," kata Muawanah, salah satu guru peserta sertifikasi angkatan 2011 kepada surya.co.id, Jumat (7/12/2012).

Kecemasan para guru sertifikasi di lingkungan Kemenag tersebut diakui Kepala Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Kemenag Jatim. Namun saat ini sudah ada kabar gembira bahwa TPP bagi guru di bawah Kemenag akan cair.

"Khabar baik yang ditunggu-tunggu para guru sertifikasi Kemenag. Nomor Registrasi Guru (NRG) sudah terbit. Artinya, TPP sudah bis dicairkan," kata Kabid Mapenda Kemenag Jatim Mahfud Shodar.

Meski NRG sudah keluar untuk guru-guru di bawah Kemenag, namun Mahfud tidak bisa memastikan akan cair Desember ini. "Belum tentu cair bulan ini. Yang jelas NRG baru akan saya ambil ke Jakarta Senin besok," kata Mahfud.

Saat diminta ketegasannya, kapan TPP guru sertifikasi 2011 bisa dicairkan, Mahfud tak bisa memastikan. Kalau ada anggaran di Kemenag akan bisa dicairkan Desember ini. Namun jika tidak ada, bisa dicairkan 2013. Artinya uang TPP guru Jatim mandeg.

"Kapan persise pencairan, saya tak bisa pastikan. Namun saya menolak jika uang TPP itu ngendon (disimpan) di Kemenag. Uang ada di Kementerian Keuangan. Bukan di Kemenag," kata Mahfud.
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
368682 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas