• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Surya

Kaget UMK 2013 Surabaya Rp 1,8 Juta

Sabtu, 24 November 2012 10:30 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Sukarwo, hari ini (24/11/2012), rencananya akan menggedok upah minimum regional (UMK). Dewan Pengupahan Provinsi Jatim menyepakati UMK 2013 Surabaya sebesar Rp 1.895.250. Lebih tinggi ketimbang yang diusulkan Wali Kota Tri Rismaharini.

Ketua Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya, Baktiono, menilai, kenaikan UMK yang ditetapkan provinsi ini memang mengejutkan. Pasalnya, pemkot sendiri sudah menaikkan UMK 10 persen dari yang diusulkan Dewan Pengupahan Kota. "Awalnya kan Rp 1,4 juta. Kemudian dinaikkan menjadi Rp 1,56 juta. Jadi kalau kembali dinaikkan, maka ini mengejutkan," tandasnya, Sabtu (24/11).

Dari sisi kesejahteraan, kenaikan ini memang menguntungkan buruh. Hanya saja, kata Baktiono, apakah perusahaan di Surabaya mampu memenuhi aturan pengupahan ini. "Aturan ini kan mengikat semua perusahaan. Apakah pengusaha bisa memenuhinya? Ini yang harus dijawab," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Dia sendiri mengaku tidak mengetahui faktor apa yang membuat kenaikan UMK 2013 begitu ekstrem. "Saya tidak tahu komponen dalam survey yang mempengaruhi kenaikan sedemikian besar. Tapi yang jelas, kenaikan ini pasti berbuntut penolakan dari pengusahan," katanya lagi.

Baktiono memperingatkan, kalau sampai gugatan dari pengusaha dilayangkan, maka implementasi UMK pun terancam molor. Kondisi ini selain merugikan buruh, juga berdampak pada kepastian usaha di Surabaya. Apalagi, rangakaian demonstrasi buruh tak terelakkan.
Penulis: Miftah Faridl
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
353002 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas