Minggu, 21 Desember 2014
Surya

Waliokota Batu Evaluasi Anggaran SKPD

Rabu, 21 November 2012 20:10 WIB

SURYA Online, BATU - Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko mulai Rabu (21/11/2012) mengevaluasi anggaran masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebelum disodorkan ke DPRD. Wali Kota menginginkan anggaran SKPD sinkron dengan visi dan misinya.

Sejak pagi, kepala bagian dan kepala SKPD silih berganti keluar masuk ke ruang bina praja balaikota sebagai tempat evaluasi. Antara lain, Kepala Bagian Kesra (Ismail A Ghani), Kepala Bagian Humas dan Protokol (Robiq Yunianto), Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Sugeng Pramono), Kepala Dinas Cipta Karta dan Tata Ruang (Bambang Kuncoro), Kepala Dinas Pariwisata (Mistin), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (Abu Sufyan), serta Kepala Inspektorat (Chairul Syarif Tartilah).

Asisten I (Pemerintahan), Budi Santoso mengatakan, tindakan wali kota ini untuk mengefisienkan anggaran. Masing-masing SKPD dan bagian diminta mengalokasikan anggaran yang benar-benar menjadi prioritas. “Beliau (wali kota) mengevaluasi agar anggaran tepat guna dan tepat sasaran. Artinya anggaran yang benar-benar untuk masyarakat,” jelas Budi Santoso.

Beberapa program yang kurang prioritas adalah kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat). Kecuali, diklat itu menjadi prioritas untuk meningkatkan kemampuan yang sangat diperlukan bagi kebaikan pemerintahan. “Misalnya, kita punya kelemahan keuangan daerah, itu diprioritaskan. Jangan diklat tenis meja diprioritaskan,” selorohnya.
 
Salah satu anggaran kurang efektif ada di bagian humas dan pprotokol. Tahun 2013, anggaran bagian ini akan dipotong hingga Rp 400 juta dari sebelumnya Rp 1,8 miliar. Program humas yang hilang adalah sosialisasi cukai, tahun lalu mencapai Rp 200 juta. program lainnya, mengurangi iklan advertorial, baik di media cetak maupun elektronik.

“Karena konfirmasi dari tin anggaran (Pemkot Batu), kami harus melakukan penyesuasian dengan mengefisienkan program kegiatan,” terangnya.

Hingga sore kemarin, evaluasi itu belum selesai. Evaluasi ini akan dirampungkan hingga semua SKPD mengefisiensikan anggaran. Menurut Budi Santoso, anggaran tidak akan disodorkan ke DPRD sebelum semua rampung. “Yang jelas, pertengahan Desember nanti APBD akan diajukan ke Gubernur Jawa Timur,” katanya.
Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Suyanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas