A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Temanggung Studi Sukses Pilkades Massal Lamongan - Surya
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Surya

Temanggung Studi Sukses Pilkades Massal Lamongan

Senin, 5 November 2012 18:09 WIB
SURYA Online, LAMONGAN - Kesuksesan Lamongan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) masal pada 2007 lalu menarik Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung Jawa Tengah untuk melakukan kunjungan kerja (kungker) di pemerintahan daerah Lamongan, Senin (5/11/2012).

Sebanyak 13 orang wakil rakyat  dipimpin  Muhamdi itu diterima Kabag Pemerintahan, Rusgianto,  di Ruang Sasana Nayaka.

Muhamdi menjelaskan, tujuan  kunker ke Lamongan adalah dalam rangka belajar mengenai pelaksanakan Pilkades masal yang pernah sukses dilakukan oleg pemerintah Lamongan. Sedangkan hampir bersamaan  rencana Pemilukada di Temanggung  akan digelar Mei 2013 mendatang untuk memilih calon Gubernur Jateng sehingga perlu  adanya konsep yang matang agar tidak tumpang tindih dengan pelaksanaan Pilkades masal.

Sedangkan Pilkades tersebut, serempak  rencananya akan dilaksankan di sebanyak 224 desa.” Komisi A sendiri sebagai bagian dari legislatif, akan secara langsung terlibat dalam upaya mensukseskan Pemilukada dan khususnya Pilkades masal, “ tegasnya.

Sementara itum, menurut Rusgianto, Kepala Bagian Pemerintahan, sudah dua kali melakukan Pemilukada, yakni di tahun 2005 dan 2010. Terkait dengan Pilkades masal, Lamongan akan kembali melaksanakan pemilihan serentak pada  Mei 2013 di 381 desa.

Pemkab, lanjut dia, akan memberi subsidi untuk pelaksanaan Pilkades masal ini sebesar Rp 5 juta/desa dari anggaran APBD. Lamongan pernah menggelar Pilkades masal di tahun 2007. Pilkades kala itu dilaksanakan dalam tiga periode. Yakni di 398 desa mulai akhir Mei hingga akhir Juni 2007.

Periode pertama dilakukan pada 20 Mei 2007 di 130 desa yang meliputi wilayah eks pembantu bupati di Karangbinangun dan Babat. Kemudian periode kedua pada 3 Juni dilaksanakan di 120 desa yang berada di eks wilayah pembantu bupati di Lamongan dan Paciran. Dan periode ketiga dilaksanakan di wilayah eks pembantu bupati di Sukodadi dan Ngimbang pada 17 Mei di 148 desa.

Hingga periode ketiga, tercatat sebanyak 1.116.523 orang dalam daftar pemilih tetap (DPT). Sementara warga yang menggunakan hak pilihnya mencapai 934.622 warga atau sekitar 83 persen
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas