• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Surya

Dindik Jatim Siap Urus Guru Tak Lulus UKG

Senin, 5 November 2012 10:45 WIB
Dindik Jatim Siap Urus Guru Tak Lulus UKG
surya/faiq nuraini
Kepala Dindik Jatim Harun
SURYA Online, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jawa Timur siap mengurus 60.132 yang tidak lulus Uji Kompetensi Guru (UKG). Mereka tidak hanya didiklat sebagai pengganti ketidaklulusan, namun juga akan dievaluasi. Di bidang apa mereka tak memenuhi standar kualifikasi kelulusan UKG.

Saat ditemui usai menerima tim paduan suara SMAN 6 Senin (5/11/2012), Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun menilai wajar ketidaklulusan guru di Jatim tersebut. Banyak guru yang usia uzur sehingga perlu direfresh pengetahuan dan kemampuannya. "Tugas kami memetakan kembali mereka yang tak lulus," kata Harun.

Bersama Dinas Pendidikan 38 kota dan kabupaten di Jatim, Harun akan menelusuri di bagian apa sehingga guru belum lulus UKG. Apakah di bidang pedagogik, bidang keahlian (mata pelajaran), atau kompetensi yang lain. "Ini ada Pak Ikhsan (Kepala Dindik Surabaya, kita semua akan sinergi menyikapi serius ketidaklulusan guru UKG," tambah Harun.

Namun Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini tak sepakat jika kondisi tidak lulusnya guru dikaitkan dengan prestasi Ujian Nasional (Unas). Meski prestasi Unas bagus namun prestasi guru jeblok. Menurut Harun, hal ini kurang ada korelasinya karena bimbingan belajar juga menentukan.

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 60.132 guru bersertifikasi diperkirakan tak lulus UKG. Uji kompetensi ini khusus untuk guru penerima TPP. Sesuai data yang disampaikan LPMP, sebanyak 40 persen peserta UKG tak lulus. Standar kelulusan minimal mendapat nilai 65.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
329432 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas