• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Surya

KPU Prediksi Pilgub Jatim Diikiti 10 Pasang Calon

Jumat, 2 November 2012 16:38 WIB
SURYA Online, SURABAYA-Meski partai politik (Parpol) belum ada yang menyatakan secara resmi pasangan calon yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2013, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memperkirakan Pilgub yang digelar 29 Agustus 2013 akan diikuti oleh sepuluh pasangan cagub-cawagub.

“Dari sepuluh pasangan yang kita perkirakan maju dalam Pilgub tersebut, sebanyak-banyaknya enam pasangan diusung oleh parpol dan empat pasangan sisanya kita perkirakan dari calon perseorangan atau independen,” ujar Ketua KPU Jatim Andre Dewanto, kepada Surya, Jumat (2/11/2012).

Cukup banyaknya pasangan cagub-cawagub tersebut berimbas pada anggaran yang dibutuhkan untuk verifikasi. Dalam pembahasan dengan Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Jatim kemarin, anggaran yang dialokasikan KPU untuk verifikasi dan rekapitulasi pasangan cagub-cawagub mencapai Rp 14 miliar.

“Dari jumlah anggaran tersebut, terbanyak memang untuk verifikasi dan rekapitulasi pasangan calon independent atau perseorangan,” sambung Anggota Divisi Anggaran KPU Jatim Sayekti Suindyah.

Menurut Sayekti, untuk melakukan verifikasi faktual KTP dukungan calon independen, melibatkan seluruh personel KPU mulai tingkat provinsi hingga tingkat desa. “Dan KTP akan diverifikasi satu-satu, apa benar pemilik KTP itu mendukung calon tersebut,” terangnya.

Hal itu dinilai penting, karena PP No 49/2008 menjelaskan, anggaran untuk verifikasi ini menjadi besar karena setiap satu pasang calon independen wajib memiliki jumlah dukungan minimal 1.304.000 KTP. Dasarnya sesuai PP No 49/2008 pasal 4, bahwa provinsi dengan jumlah penduduk diatas 12 juta maka jumlah dukungan minimal 1.304.000 KTP.
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
326631 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas