• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Surya

Atasi Sumur Kering, Petani Gunakan Tehnik Injeksi

Rabu, 17 Oktober 2012 14:54 WIB
SURYA Online, NGANJUK - Petani diwilayah Kabupaten Nganjuk berhasil mengembangkan sistem injeksi sumur untuk mengeluarkan air dari dalam tanah. Ini setelah diesel pompa air tidak lagi mampu menyedot air dari sumur yang sumbernya semakin dalam.

Anggota Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Nganjuk, Susanto menjelaskan, pada intinya sistem injeksi sumur untuk mengeluarkan air dari dalam tanah mengadopsi teknologi pompa air Jetpam. Hanya saja, untuk peralatan utama teknologi injeksi sumur air tersebut menggunakan kompresor udara sebagai peralatan utama.

"Dengan sistem injeksi udara kedalam sumur melalui pipa paralon tersebut air yang tidak bisa disedot diesel menjadi bisa dikeluarkan," kata Susanto di area persawahan dusun Mlaten desa Gandu Kecamatan Bagor, Rabu (17/10).

Munculnya ide sistem injeksi sumur air untuk mengairi persawahan, dikatakan Susanto, berawal dari upaya mencari alternatif sistem pengairan di tengah musim kering.  "Itulah yang membuat kami terpacu mengembangkan teknik injeksi udara untuk memompa air," ucap Susanto.

Teknologi injeksi udara pompa air itu, menurut Susanto, memiliki kemampuan mengeluarkan air pada kedalaman sumur hingga 250 meter. Hanya saja, pipa injeksi udara yang masuk ke dalam sumur hanya mencapai 70 meter. Dengan menggunakan kompresor seharga Rp 3 juta lengkap sudah bisa digunakan untuk menjalankan teknik injeksi sumur tersebut.
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Suyanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
306121 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas