• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Surya

Jelang Idul Adha, Sapi-Sapi Raksasa Ikut Kontes

Senin, 15 Oktober 2012 15:37 WIB
Jelang Idul Adha, Sapi-Sapi Raksasa Ikut Kontes
surya/hayu yudha prabowo
Salah satu raksasa peserta kontes
SURYA Online, MALANG – Jelang Hari Raya Idul Adha, ratusan ekor sapi potong berukuran raksasa dengan berat yang rata-rata mencapai tak kurang dari satu ton, Senin (15/10/2012) mengikuti kontes di halaman luar kompleks stadion Kanjuruhan Kepanjen. Selain sapi potong, acara tersebut juga menghadirkan ratusan ekor kambing yang berlomba dalam beberapa kategori.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Sudjono, menyebutkan bahwa kontes ternak ini digelar untuk memberi apresiasi serta meningkatkan antusiasme para peternak di Kabupaten Malang, untuk meningkatkan produktivitas ternaknya.

Secara keseluruhan, ada 157 ekor kambing dan 114 ekor sapi potong yang ikut berlomba. “Untuk sapi potong, ada empat kategori yang kami lombakan yaitu Calon Induk, Induk, Calon Kereman, dan Ekstrim. Sedangkan untuk kambing, ada tujuh kategori,” terang Sudjono.

Tak sekedar sebagai ajang untuk bersaing menjadi yang terbaik, kontes tersebut rupanya dimanfaatkan oleh para pemilik ternak untuk menawarkan ternak-ternak peliharaannya pada calon pembeli. Harga yang ditawarkan pun berkisar mulai puluhan hingga ratusan juta, tergantung dari kondisi kesehatan sapi, penampilan fisik, serta prestasinya dalam ajang-ajang kontes serupa.

“Sementara untuk kriteria penilaian yang dilombakan pada sapi-sapi itu, terdiri dari postur dan umur ternak, serta kesehatan alat reproduksinya apakah alat kelaminnya normal dan buntingnya simetris,” imbuhnya
Penulis: Eben Haezer Panca
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
303462 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas