Senin, 22 Desember 2014
Surya

Pemerintah Akan Beri Tunjangan Veteran Perang

Selasa, 9 Oktober 2012 13:40 WIB

SURYA Online,  JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani Undang-undang tentang Veteran Republik Indonesia pada tanggal 5 Oktober 2012.

Berbagai tunjangan pun akan diberikan oleh pemerintah bagi pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut. "Saya menangis melihat pejuang yang gugur demi membela bangsa dan negara. Untuk itu Undang-undang veteran diresmikan sebagai bentuk kecintaan, terima kasih dan penghargaan kepada veteran bangsa," ujar Presiden SBY saat membuka Kongres X Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Markas Besar TNI, Cilangkap, Selasa (9/10/2012).

SBY mengungkapkan pemerintah akan memberikan tunjangan dan penghargaan kepada veteran RI, diantaranya untuk veteran pejuang kemerdekaan yang melakukan operasi kedaulatan bangsa negara pada tahun 1945 tahun 1949. "Yang kedua bagi veteran pembela kemerdekaan. Golongan ini adalah Veteran Trikora, Veteran Dwikora dan Veteran Seroja disamping itu ada pula yang mengemban tugas di bawah PBB," jelasnya.

Yang ketiga ialah, veteran anumerta yang gugur dalam masa perjuangan. "Tunjangan kehormatan dan dana kehormatan ditambah hak untuk dimakamkan di taman makam pahlawan akan diberikan," ujar SBY.

Diakhir sambutan SBY menghimbau bagi generasi sekarang untuk pandai dan arif melihat masa lalu dan juga pintar berterima kasih dengan veteran kemerdekaan yg berjuang membela bangsanya.

Di tempat yang sama, Letjen TNI (Purn) Rais Abin, ketua legiun Veteran Republik Indonesia menuturkan dirinya sangat berterima kasih kepada pemerintah dan dirinya yakin bahwa seluruh veteran yang hadir dalam kongres akan mengenang hari ini, dimana presiden negara duduk bersama dengan pejuang bangsa.
Editor: Suyanto
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas