• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Surya

SBY Dukung Purnawirawan TNI Terjun ke Politik

Rabu, 3 Oktober 2012 07:41 WIB
SBY Dukung Purnawirawan TNI Terjun ke Politik
foto: Antara
Presiden Susilo Yudhoyono (kiri) didampingi Wakil Presiden, Boediono (kanan), memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (5/9).
SURYA Online, JAKARTA - Presiden Susilo Yudhoyono mendorong dan mendukung purnawirawan TNI yang terjun ke politik praktis, yaitu bergabung dengan partai politik, atau bahkan mendirikan partai. Namun di sisi lain dia juga meminta mereka menjaga demokrasi berada di koridor seperti yang diharapkan.

Yudhoyono sendiri purnawirawan TNI AD dengan pangkat aktif terakhir letnan jenderal sebelum ditetapkan menjadi presiden keenam Indonesia pada 20 Oktober 2004. Dia --alumnus Akademi Militer 1973-- kembali terpilih lima tahun kemudian. Di Akademi Militer, dia sempat bertemu dengan kakak kelasnya angkatan 1970 itu.

"Kini kita menganut demokrasi multi partai. Di antara kita banyak yang bergabung dan berjuang di parpol bahkan mendirikan parpol," katanya, saat memberikan sambutan di hadapan kakak-kakak kelasnya, alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia angkatan 1970.

Bersama Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono --puteri almarhum Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Sarwo Eddie Wibowo-- Selasa malam, di Balai Kartini, Jakarta Pusat itu, Yudhoyono menghadiri peluncuran buku tentang alumni Akabri angkatan 1970. Buku berjudul "Mengawali Integrasi, Mengusung Reformasi" terdiri atas enam bab setebal 520 halaman dengan 40 foto.

Tim penyusun terdiri dari Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo, Mayor Jenderal TNI (Purn) Sudradjat, Komisaris Besar Polisi (Purn) Achmad Hambali, Carmelia Sukmawati, Stella Warouw, Dr Yudha B Tangkilisan, Brigadir Jenderal TNI (Purn) Anwar Muis, Atmadji Sumarkidjo, dan sejumlah lain alumni Akabri 1970 lain.

Sejumlah lulusan Akabri 1970 yang berperan dalam pentas nasional dan dikenal masyarakat luas antara lain Bernard Kent Sondakh, Fachruk Razi, Johny Lumintang, Subagyo HS, Agus Widjojo, dan Bimantoro.

Taufiqurahman Rukie, Bibit Samad Rianto, Muchdi PR, Tyasno Sudarto juga angkatan 1970.

Enam alumni Akabri 1970 yang mencapai jenderal bintang empat adalah Laksamana TNI Bernard K Sondakh, Jenderal TNI Subagyo HS, Jenderal TNI Fachrul Razi, Jenderal TNI Tyasno Sudarto, Jenderal TNI Luhut Pandjaitan, dan Jenderal Polisi Suroyo Bimantoro.

Jenderal TNI (Purn) Luhut Pandjaitan, sebagai perwakilan alumni, mengusulkan agar salah satu kriteria pemilihan pemimpin yang akan maju ke dalam pemilu 2014 adalah sosok yang memilki rekam jejak baik.

Ia meminta Yudhoyono juga melihat siapa saja yang cocok maju menjadi calon presiden 2014 mendatang, sehingga yang telah dicapai saat ini bisa berkesinambungan di masa mendatang.

"Surplus kebebasan saling mengritisi antara satu dengan yang lain itu diniscayakan dalam kehidupan demokrasi. Semua wajar, sepanjang dijalankan dalam koridor demokrasi yang beretika, moralitas politik dan tidak bersentuhan dengan masalah hukum terkait jalannya pemerintahan yang sah," kata Yudhoyono.

Dia jelaskan, meskipun memiliki pandangan politik dan aliansi politik berbeda, namun para purnawirawan TNI hendaknya tetap memiliki hubungan baik. Lebih jauh, bisa mencontohkan berpolitik yang tepat, beranjak dari nilai-nilai kedisplinan dan ketentaraan yang saling menghormati.

"Saya ingin sampaikan harapan saya, baik kepada angkatan 1970 dan kapasitas saya sebagai kepala negara, dan kakak-kakak serta adik yang masuk dalam politik praktis, saya harapkan menjalankan politik yang baik dan menjaga persahabatan dan tidak menghalalkan politik segala cara," katanya.

Yudhoyono tambahkan, "Dewasa ini masa Indonesia adalah dalam masa transformasi. Oleh karena itu kita semua harus bisa menyesuaikan dan adaptif terhadap perubahan. Tentu kita tidak ingin seperti jaman dinosaurus, semua sudah berubah kita belum berubah."
Editor: Heru Pramono
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas