Sabtu, 20 Desember 2014
Surya

Petinggi Jatim Peringati Kesaktian Pancasila di Grahadi

Senin, 1 Oktober 2012 18:50 WIB

SURYA Online, SURABAYA–Meski masyarakat ogah mengibarkan bendera setengah tiang memperingati Hari Kesaktian Pancasila, para pejabat tetap kompak menggelar peringatannya secara simbolis. Hal ini terlihat dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila , Senin (1/9/2012) pagi di Halaman Gedung Negara Grahadi.

Hampir semua pejabat teras di Jatim tampak mengikuti upacara yang dipimpin Gubernur Soekarwo dengan khidmat. Mulai Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, Ketua DPRD Jatim Imam Sunardhi, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito, Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, pimpinan DPRD Jatim, jajaran pejabat di lingkuangan Pemprov, Konsulat perwakilan negara sahabat, pimpinan TNI, Polri, Korpri, Resimen Mahasiswa, perwakilan mahasiswa Unair dan UPN Veteran Jatim serta para pelajar.

Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengangkat tema “Kesaktian Pancasila Tonggak Negara Paripurna”. Dalam upacara ini, Gubernur Soekarwo membacakan naskah Pancasila, sedangkan Sementara Ketua DPRD Jatim membacakan ikrar atas nama Bangsa Indonesia untuk membulatkan tekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi keutuhan NKRI.

Gubernur Soekarwo mengatakan, nilai yang terkandung dalam pancasila, yakni musyawarah mufakat masih sangat relefan untuk menyelesaikan konflik dan permasalahan yang mendera bangsa ini.

”Bahkan saat ini banyak negara lain yang menggunakan cara tersebut untuk menyelesaikan konflik, diluar penyelesaian melalui pengadilan,” ujarnya, usai upacara.

Untuk itu, Pakde Karwo – panggilan Soekarwo minta sebagai bangsa yang kerap terbelit berbagai permasalahan dan konflik sosial, pihaknya berharap penyelesaiannya konflik dilakukan dengan cara tersebut.

”Jangan setiap persoalan diselesaikan dengan cara sendiri. Pancasila sebagai ideologi dalam keseharian atau working ideology, harus dijadikan pijakan untuk menyelesaikan konflik dan berbagai permasalahan yang muncul,” tegasnya.
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Satwika Rumeksa

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas